JPNN.com

Politikus Partai Republik Ogah Dukung Klaim Kemenangan Donald Trump

Sabtu, 21 November 2020 – 23:59 WIB
Politikus Partai Republik Ogah Dukung Klaim Kemenangan Donald Trump - JPNN.com
Presiden AS Donald Trump didoakan pengguna Twitter. Foto: Deadline

jpnn.com, WASHINGTON DC - Tekanan bagi Presiden Donald Trump untuk memulai proses transisi ke Presiden terpilih Joe Biden dibangun di antara anggota Partai Republik di Kongres AS pada Jumat, ketika beberapa anggota itu menyuarakan keraguan atas klaim Trump tentang pemungutan suara yang curang.

Senator Lamar Alexander, yang pensiun pada akhir tahun, mengatakan Biden memiliki "peluang yang sangat baik" untuk menjadi presiden berikutnya, dan mendesak pemerintahan Trump untuk memulai proses transisi.

Pecundang dalam pemilihan ini harus "mengutamakan negara, memberi selamat kepada pemenang dan membantunya untuk mencapai permulaan yang baik masa jabatan baru," tulis senator Tennessee dalam sebuah pernyataan.

Anggota DPR yang mewakili Michigan Fred Upton mengatakan kepada wartawan Jumat, "Saya belum melihat bukti penipuan yang akan membalikkan 150.000 dan beberapa suara" bahwa Biden memimpin Trump di negara bagian asalnya. "Tidak seorang pun menunjukkan bukti apa pun " penipuan di Michigan, kata Upton.

Senator konservatif Alaska Dan Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa Trump memiliki "penghalang tinggi" untuk membuktikan klaimnya bahwa pemilihan itu telah dicuri oleh Partai Demokrat. "Dan mereka harus membuktikannya di pengadilan," kata Sullivan.

Mitt Romney, Senator Utah yang pernah menjadi kritikus Trump, menulis di Twitter Kamis malam bahwa Trump telah gagal membuat "kasus yang bisa dipercaya" tentang kecurangan pemilu yang meluas, dan sekarang berusaha menekan pejabat negara bagian dan lokal untuk membatalkan pemilu. "Sulit membayangkan tindakan yang lebih buruk dan lebih tidak demokratis," tulisnya.

Hingga saat ini, para anggota Partai Republik di Kongres sering mengatakan Trump harus memiliki ruang kebebasan dalam mengejar klaim hukum atas kesalahan dalam pemilu.

Sekarang, ada efek berjenjang yang sedang berlangsung di dalam partai, menurut seorang ahli strategi Republik yang telah menjadi penasihat kampanye selama beberapa tahun.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil