Politikus PKS Setuju soal FDS, Asalkan...

Politikus PKS Setuju soal FDS, Asalkan...
Foto/ilustrasi: dokumen Padang Ekspres/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang duduk di komisi pendidikan DPR, Abdul Fikri menyetujui wacana tentang sekolah sehari penuh atau full day school (FDS) yang dilontarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendi. Pertimbangannya, FDS akan meminimalkan hal negatif di luar sekolah.

"Saya setuju gagasan itu sebagai salah satu cara untuk mengejar target kurikulum dan memperkecil budaya negatif yang berkembang di luar dunia pendidikan," kata Fikri melalui siaran pers ke media, Rabu (10/8).

Namun, sebelum FDS direalisasikan, Fiikri meminta Kemendikbud untuk meningkatkan kesejahteraan para guru dan fasilitas sekolah. Jika dua hal itu belum terpenuhi, maka Fikri meyakini penerapan FDS tak akan berjalan maksimal.

“Solusinya, jalankan saja FDS di sekolah-sekolah yang sudah siap dan itu dijadikan proyek percontohan. Jangan paksakan serentak," cetus wakil ketua Komisi X DPR itu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Jawa Tengah IX ini khawatir jika FDS dilaksanakan serentak maka anggaran pendidikan akan membengkak. Namun, untuk mendiskusikan gagasan tentang FDS, Komisi X DPR akan mengundang Mendikbud Muhadjir.

“Komisi X akan mengundang Menteri Muhadjir dalam rapat kerja meminta penjelasan secara lebih komprehensif. Sebab daerah perlu juga diberi ruang mengelola pendidikan sesuai kearifan lokal, sebagaimana amanat UU Pemda Nomor 23 Tahun 2014," pungkas Fikri.(fas/jpnn)


JAKARTA - Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang duduk di komisi pendidikan DPR, Abdul Fikri menyetujui wacana tentang sekolah sehari penuh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News