Politikus Senior Golkar Sebut Novanto Pelobi Ulung

Politikus Senior Golkar Sebut Novanto Pelobi Ulung
Setya Novanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Setya Novanto dan tim penasihat hukumnya menghadirkan politikus senior Partai Golkar Freddy Latumahina untuk menjadi saksi meringankan bagi terdakwa perkara korupsi e-KTP itu. Freddy dalam kesaksiannya menyebut mantan ketua umum Golkar itu sebagai pelobi ulung.

"Prestasi beliau yang sangat tinggi adalah sangat ahli dalam bernegosiasi. Saya pribadi mengistilahkan dalam situasi saat ini hanya beliaulah pelobi yang terbaik. Dengan kata lain pelobi yang ulung," kata Freddy saat bersaksi bagi Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, Senin (19/3).

Menurut Freddy, lobi yang kerap dilakukan oleh mantan ketua DPR itu untuk hal-hal positif. Sebagai contoh, DPR periode 2014-2019 yang semula kurang mesra dengan eksekutif di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo, akhirnya bisa bersinergi.

"Lobi itu dalam hal positif tentunya. Hasil lobi beliau itu terasa sekali bagaimana hubungan DPR dengan Presiden sehingga begitu mesra hubungan legislatif dengan eksekutif bisa kita lihat," terang Freddy.

Sebaliknya, Freddy menepis anggapan bahwa Novanto ikut lobi-lobi untuk urusan proyek. "Nggak pernah dengar (lobi untuk dapat proyek). Maksud saya untuk politik," tegas Freddy.(rdw/JPC)


Tokoh senior Partai Golkar Freddy Latumahina menyatakan, Setya Novanto kerap melakukan lobi-lobi untuk hal positif. Misalnya, membuat DPR dan pemerintah mesra.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News