Politisi Demokrat Usul Kasus Century Ditutup

Politisi Demokrat Usul Kasus Century Ditutup
Politisi Demokrat Usul Kasus Century Ditutup

jpnn.com - JAKARTA - Pengusutan hukum kasus Century belum banyak kemajuan. Rekomendasi DPR belum membuat KPK, Polri, dan kejaksaan mengangkat kasus bailout Rp 6,7 triliun itu ke tahap penyidikan. Kini malah muncul usul dari politikus Partai Demokrat, Benny K. Harman, agar kasus Century ditutup.

Pernyataan Benny itu langsung menimbulkan pro-kontra. Maklum, Benny adalah ketua Komisi III (bidang hukum) DPR. ”(Kasus Century) harus ditutup, harus segera di-close secara hukum,” kata Benny di sela-sela sidang paripurna DPR di Jakarta kemarin (26/7). Benny menyampaikan hal itu saat menanggapi pertanyaan kesiapan komisi III untuk mendengarkan kesimpulan lembaga penegak hukum atas kasus Century.

Menurut Benny, sesuai kesepakatan, pansus telah menyerahkan data-data penyelidikan angket Century kepada KPK, kepolisian, dan Kejaksaan Agung. Data temuan pansus itu bukanlah data informasi yang memiliki pembuktian secara hukum. Penilaian kapasitas temuan pansus tersebut diserahkan kepada masing-masing penegak hukum.

Nah, setelah berjalan beberapa bulan, ternyata, data informasi pansus tersebut tidak mampu menjadi acuan yang berarti. Benny menyatakan, KPK dan kejaksaan tidak menemukan adanya unsur tindak pidana korupsi di dalamnya. “Oleh sebab itu, apabila memang demikian, kami minta itu diumumkan kepada publik secara terbuka. (bay/c6/tof)


JAKARTA - Pengusutan hukum kasus Century belum banyak kemajuan. Rekomendasi DPR belum membuat KPK, Polri, dan kejaksaan mengangkat kasus bailout


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News