Politisi Kutu Loncat Jangan Langsung Diberi Jabatan

Politisi Kutu Loncat Jangan Langsung Diberi Jabatan
Politisi Kutu Loncat Jangan Langsung Diberi Jabatan

jpnn.com - JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Ahmad Farhan Hamid menyarankan agar politisi yang pindah partai politik sebaiknya tidak langsung diberi jabatan di partai. Termasuk, jangan langsung dijadikan caleg di partai barunya itu.

Ahmad Farhan mengusulkan, setidaknya politisi kutu loncat itu baru bisa diberi jabatan setelah lima tahun sejak yang bersangkutan berada di partai baru.

Hal ini dinilai penting guna mengurangi aksi lancat pagar politisi yang tidak puas dengan kebijakan internal partainya.

"Minimal ada jeda waktu lima tahun bagi politisi yang loncat pagar untuk tidak menduduki jabatan publik," kata Ahmad Farhan Hamid, di komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (25/11).

Sepanjang tidak diberlakukan jeda waktu di jabatan publik bagi politisi yang pindah partai, menurut Ahmad Farhan Hamid, maka dengan mudahnya politisi yang berduit untuk ikut pemilu legislatif (pileg).

"Setiap lima tahun akan ada politisi menyodorkan map kepada elit partai politik lain dengan tujuan untuk memperoleh nomor caleg potensial. Fenomena ini juga ikut andil praktek politik uang," tegas Wakil Ketua MPR dari kelompok DPD itu. (fas/jpnn)

 


JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Ahmad Farhan Hamid menyarankan agar politisi yang pindah partai politik sebaiknya tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News