PON Papua: Seorang Paspamres Pecahkan Rekor Nomor Lari Gawang 110 Meter

PON Papua: Seorang Paspamres Pecahkan Rekor Nomor Lari Gawang 110 Meter
Rio Maholtra (depan) saat bertanding di nomor 110 meter gawang putra PON XX Papua di Stadion Atletik Mimika Sport Center, Timika, Selasa (5/10). Foto: PB PON XX Papua/Maleachi Marinsib Palinggi

jpnn.com, JAYAPURA - Atlet Sumatra Selatan Rio Maholtra memecahkan rekor nomor lari gawang 110 meter (m) dalam gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Bertanding di Mimika Sport Complex (MSC), Selasa (5/10), Rio finis pertama dengan catatan waktu 14,11 detik.

Torehan itu ternyata memecahkan rekor milik Eli Zakaria dari Jawa Timur yang finis dengan waktu 14,16 detik pada PON 2004.

Setelah perlombaan, Rio mengungkapkan kalau dirinya sempat dilanda ketegangan sebelum pertandingan.

Pria yang berprofesi sebagai Paspamres itu mengaku termotivasi untuk memenangi perlombaan usai mendapat dukungan dari daerahnya, Sumatra Selatan

"Serius ini merupakan perlombaan yang paling menegangkan yang saya ikuti karena tanggung jawab kepada provinsi sangat besar yang telah memberikan motivasi dan dukungan morel," kata Rio dalam laman resmi PON.

Persiapan yang dilakukan Rio jelang turun di PON XX tidaklah main-main. Meski dalam kondisi pandemi Covid-19, dirinya tetap berlatih keras selama dua tahun terakhir. 

"Selama dua tahun tidak ada perlombaan, maka saya fokus latihan di Cibinong, Jawa Barat dan alhamdulillah dapat juara," tambah Rio.

Seorang TNI yang bertugas sebagai Paspampres berhasil memecahkan rekor nomor lari gawang 110 meter (m) dalam gelaran PON XX Papua 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News