Poppy: Kemiskinan Pemicu Munculnya Teroris

Poppy: Kemiskinan Pemicu Munculnya Teroris
Poppy: Kemiskinan Pemicu Munculnya Teroris
JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jawa Tengah, Poppy Dharsono, mendesak pemerintah fokus menggulirkan program berdampak positif terhadap pengurangan kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan (ekonomi) karena kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan menjadi masalah sosial hingga memicu terorisme di tanah air.

“Pemerintah hendaknya fokus menggulirkan program berdampak positif untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan ekonomi yang memicu terorisme di tanah air," ujar Poppy, di gedung DPD kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9).

Sepanjang perjalanan sejarah terorisme di Indonesia, lanjutnya, pelaku-pelaku bom bunuh diri yang terungkap di kepolisian ternyata berlatar belakang keluarga miskin yang digerakkan oleh motif radikalisme agama, pelanggaran harkat kemanusiaan atau diskriminasi, negara non-demokrasi, atau kesukuan dan nasionalisme (separatisme).

“Peristiwa teror di Indonesia banyak terhubung dengan radikalisme agama. Radikalisme agama menjadi penyebab unik karena motif yang mendasari bersifat tidak nyata. Berbeda dengan kemiskinan, pengangguran, dan kesenjangan atau perlakuan diskriminasi yang nyata dan teramati,” pungkas anggota Komite II DPD ini. (fas/jpnn)

JAKARTA - Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) asal Jawa Tengah, Poppy Dharsono, mendesak pemerintah fokus menggulirkan program berdampak positif


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News