Populer Setelah Cangkok Wajah

Populer Setelah Cangkok Wajah
Populer Setelah Cangkok Wajah
BOSTON - Saat sengatan listrik melelehkan wajahnya pada November 2008 lalu, Dallas Wiens bukan siapa-siapa. Tapi, setelah dia menjalani operasi cangkok wajah total, publik Amerika Serikat (AS) ramai membicarakannya. Dia menjadi warga AS pertama yang menjalani cangkok wajah total, sekaligus yang kedua di dunia.

Operasi rumit yang makan waktu 15 jam pekan lalu, sukses mengembalikan kehidupan Wiens. Kini, pria 25 tahun itu kembali memiliki hidung dan bibir. Dia pun bisa kembali menciumi putri semata wayangnya, Scarlette, yang berusia 4 tahun. "Cangkok wajah memberikan harapan baru kepada mereka yang cacat (wajah). Mereka tidak perlu lagi membenci sosok yang mereka lihat di cermin," katanya kemarin (22/3).

Scarlette pun tak kalah bahagia. Dalam rekaman video wawancara yang diunggah ke You Tube, bocah perempuan itu terlihat senang melihat penampilan baru sang ayah. "Ayah punya bekas luka di wajahnya. Tapi, Tuhan dan para dokter menjadikan bekas luka ayah lebih baik," ujar Wiens menirukan komentar Scarlette soal wajah barunya.

Selain hidung dan bibir baru, pekerja bangunan asal Texas itu juga menerima jaringan kulit, otot dan syaraf baru. Konon, seluruh jaringan itu diambilkan dari seorang donor yang sudah meninggal. "Wiens (Dallas) tidak lagi memiliki wajah yang sama dengan dirinya sebelum insiden 2008 atau seperti sang donor," tandas Bohdan Pomahac, dokter bedah plastik yang terlibat operasi Dallas.

BOSTON - Saat sengatan listrik melelehkan wajahnya pada November 2008 lalu, Dallas Wiens bukan siapa-siapa. Tapi, setelah dia menjalani operasi cangkok

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News