Porang Ishii

Oleh: Dahlan Iskan

Porang Ishii
Dahlan Iskan (tengah). Foto: Disway

jpnn.com - Belum lama porang menjadi idola petani kita. Namun pabrik porang sendiri, pun di Indonesia, sudah berdiri sejak 50 tahun yang lalu.

Pendirinya, jangan kaget: pahlawan pejuang Indonesia. Namanya: Masaharu Ishii. Kewarganegaraan Indonesianya pun istimewa: diberikan sendiri oleh Bung Karno, proklamator dan presiden pertama Indonesia.

Pabrik itu dia dirikan di daerah Porong, sekitar 5 km arah barat lumpur Lapindo, Sidoarjo.

Ishii pernah punya nama panggilan Mohamad Amin. Itu di tahun 1945. Untuk menghindari balas dendam dari tentara Sekutu –yang berusaha kembali menguasai Indonesia, sepeninggal Jepang.

Sejak sebelum kemerdekaan Ishii sudah bergabung dengan para pejuang Indonesia. Dia desersi dari kesatuan tentara Dai Nippon. Kalau tetap pakai nama Masaharu Ishii bisa bahaya. Tentara Sekutu bisa mengira dia masih tentara Jepang.

Di masa itu Ishii bertugas di Aceh. Tepatnya di Lhokseumawe. Baru pindah ke Medan setelah Indonesia merdeka. Lalu kawin dengan seorang wanita Tionghoa di sana.

Saya tentu ingin sekali bertemu Ishii. Namun dia sudah almarhum, tahun 2002 lalu. Makamnya di pemakaman khusus orang Jepang di Kembang Kuning, Surabaya.

"Sebenarnya ayah saya berhak dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, tetapi keluarga pilih di pemakaman umum saja. Agar lebih mudah untuk mengunjunginya," ujar putra Ishii.

Saya tidak menyangka kalau shirataki itu produk Indonesia. Lokasi pabriknya dekat Sidoarjo, tetapi wilayahnya masuk Kabupaten Pasuruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News