PPITKON Kemenpora Gagas Sosialisasi Penanganan Atlet Cedera

PPITKON Kemenpora Gagas Sosialisasi Penanganan Atlet Cedera
Kiper Persela Choirul Huda saat mendapat penanganan medis. Foto: Guslan Gumilang/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Keseharan Olahraga Nasional (PPITKON) sebagai lembaga yang berada di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada Kamis (26/10) mendatang akan menggelar sosialisasi tentang upaya untuk mencegah lambatnya penanganan ketika seorang atlet cedera di laga.

Hal tersebut dikemukakan Ketua PPITKON Edi Nurinda merujuk insiden meninggalnya kiper Persela Lamongan Choirul Huda saat melakoni pertandingan. Menurutnya, akan ada sejumlah paparan terkait penanganan terhadap atlet yang bersangkutan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). 

Dalam waktu dekat, PPITKON akan menggandeng PSSI selaku induk tertinggi sepak bola tanah air guna menyosialisasikan penanganan dan SOP terhadap pelaku medis di setiap klub sepak bola.

"PPITKON siap untuk bekerja sama dengan PSSI terkait sosialisasi dan penanganan cedera pada olahraga. Dalam waktu dekat PPITKON akan memberikan sosialisasi bagi pelaku medis pada klub sepakbola Indonesia untuk mengantisipasi kejadian sebelumnya," ucap Edi, Jumat (20/10).

Lebih lanjut Edi mengatakan, insiden yang dialami Huda sepatutnya menjadi pembelajaran bersama bagi pelaku olahraga khususnya paramedis agar bisa bertindak cekatan. Dengan demikian kejadian serupa tak terjadi lagi.

“Sehingga penanganan yang cepat dan tepat mutlak secara profesional mampu dilakukan oleh para petugas. Pelaksana pertandingan harus melibatkan tenaga medis yang profesional sesuai standarisasi yang berlaku," tambahnya.(adv)


PPITKON akan menggandeng PSSI selaku induk tertinggi sepak bola tanah air guna menyosialisasikan penanganan dan SOP terhadap pelaku medis di setiap klub.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News