PPLN Budapest Sebut Jumlah DPT di Hongaria Naik Hampir 4 Kali Lipat

PPLN Budapest Sebut Jumlah DPT di Hongaria Naik Hampir 4 Kali Lipat
Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono mengungkapkan DPT di Hongaria naik 4 kali lipat. Foto: dok PPLN Budapest

jpnn.com, JAKARTA - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Budapest berhasil menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN) untuk Pemilihan Umum 2024 pada Rabu (21/6).

Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono mengungkapkan jumlah DPTLN di Hongaria mencapai 1191, mengalami peningkatan yang signifikan hampir 4 kali lipat, pada 2019 DPT hanya mencapai 357 pemilih. 

Agung, yang juga merupakan seorang dosen di Program Studi Ilmu Pemerintahan FISIPOL Universitas Islam Riau itu menjelaskan bahwa PPLN Budapest akan memfasilitasi proses pemungutan suara di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang terletak di Budapest (3 TPS) dan Szeged (1 TPS). 

"PPLN Budapest juga menyediakan opsi pemilihan melalui pos bagi pemilih yang tidak dapat mengunjungi TPS," ujar Agung.

Agung mengatakan PPLN Budapest harus terus bekerja untuk mensukseskan Pemilu 2024 dengan baik. 

Sebab, saat ini Hongaria merupakan salah satu negara tujuan favorit bukan hanya untuk pelajar yang akan melanjutkan studinya, melainkan juga untuk Pekerja Migran Indonesia.

Agung yang juga sedang menempuh pendidikan Doktor Ilmu Politik di Corvinus University of Budapest, mengatakan bahwa ada perbedaan pada penyelenggaraan pemilu di luar negeri dibandingkan dengan di dalam negeri. 

“Di luar negeri, pemilih hanya akan mendapatkan dua lembar kertas suara untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta DPR RI Dapil DKI Jakarta 2, sedangkan di dalam negeri terdapat lima lembar kertas suara yakni untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR-RI, anggota DPD-RI, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kabupaten/Kota," kata Agung.

Ketua PPLN Budapest Agung Wicaksono mengungkapkan DPT di Hongaria naik 4 kali lipat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News