PPP Tak Tergiur Calon Kaya

PPP Tak Tergiur Calon Kaya
PPP Tak Tergiur Calon Kaya
JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP), Wan Abubakar menjelaskan, partainya akan mementingkan calon yang punya moralitas tinggi yang akan diusung dalam pilkada 2010. DPP, lanjutnya, sama sekali tidak tergiur dengan calon yang punya modal materi banyak.

"Kita memandang calon tidak dari segi materinya, tapi dari aspek moralitasnya. Diharamkan kalau hanya mengandalkan materi. Jangan sampai calon yang kita usung melakukan politik uang," ujar anggota DPR asal Riau itu kepada JPNN di gedung DPR, Senayan, Senin (18/1).

Lebih lanjut mantan wakil gubernur Riau itu menjelaskan, PPP akan mencari calon yang diyakini punya peluang besar untuk menang. Kalau calon yang punya kans besar untuk menang itu ternyata merupakan kader partai lain, maka PPP siap berkoalisi dengan partai tersebut. "Yang kita cari adalah calon jadi, bukan jadi calon," tegasnya.

Berbeda dengan Golkar, PPP menggunakan mekanisme dari bawah untuk penetapan calon. Pengurus partai tingkat daerah, lanjutnya, yang mengajukan beberapa kandidat ke DPP. Selanjutnya, DPP yang memilih satu calon yang dianggap paling mumpuni, dilihat dari aspek moralitas dan popularitas. "Modal materi penting, tapi tidak perlu banyak, secukupnya saja," ujarnya. (sam/jpnn)

JAKARTA -- Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Persatuan Pembangunan (DPP PPP), Wan Abubakar menjelaskan, partainya akan mementingkan calon yang punya


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News