Prabowo Dinilai akan Merugi jika Tak Segera Umumkan Cawapres

Prabowo Dinilai akan Merugi jika Tak Segera Umumkan Cawapres
Pengamat politik Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) Husaini Dani menilai Airlangga (kiri) punya kualifikasi cawapres yang dibutuhkan oleh Prabowo (kanan). Foto: dok Tim Media Golkar

jpnn.com, JAKARTA - Prabowo Subianto belum memutuskan siapa pendampingnya untuk berlaga di Pilpres 2024 mendatang. Padahal pendaftaran capres dan cawapres akan dibuka pada periode 19-26 oktober mendatang.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan Prabowo Subianto perlu segera memberi kepastian terkait sosok cawapresnya tersebut.

"Mengingat nama-namanya pun sudah semakin mengerucut pada Airlangga Hartarto dan Erick Thohir. Juga ada Khofifah yang belakangan ikut menyeruak muncul di antara dua nama yang selama ini sering dikaitkan dengan Prabowo," kata Adi Prayitno, Selasa (10/10).

Adi khawatir jika Prabowo terus berlarut-larut tidak mengumumkan cawapres. Bisa jadi akan timbul gejolak di Koalisi Indonesia Maju.

Dengan mengambil keputusan lebih cepat akan memudahkan Prabowo dan cawapres yang dipilihnya untuk melakukan pendekatan kepada para mitra Koalisi Indonesia Maju.

Menurut Adi, pertimbangan pertama sebaiknya harus diberikan oleh Prabowo terhadap Ketua Umum Partai GolkarAirlangga Hartarto. Pasalnya Partai Golkar memiliki jaringan dan akar rumput yang kuat dalam mendukung pemenangan Prabowo Subianto, ditambah dengan sosok Airlangga yang memiliki kapasitas kepemimpinan politik dan ekonomi.

"Menurut saya Pak Prabowo pertama-tama harus mempertimbangkan variabel politik dan kapasitas sosok Airlangga Hartarto. Bagi Airlangga dan Partai Golkar, bukan tidak mungkin mereka akan punya opsi politik lain jika pada akhirnya Prabowo tidak memilihnya," katanya.

Apalagi belakangan PDIP mulai menemui tokoh-tokoh senior Partai Golkar seperti Luhut dan Jusuf Kalla, kata Adi, itu bisa jadi sinyal Golkar akan sangat mungkin pindah haluan. Bahkan PAN sekalipun menurutnya juga sangat berpotensi pindah haluan, tidak ada yang bisa memastikan mereka akan tetap bersama Prabowo.

"Lagi-lagi ini tergantung tawaran yang diberikan PDIP. Tawaran tertingginya bisa saja membuka ruang Ketua Umum Golkar Airlangga menjadi cawapres dari Ganjar, apalagi jika kekuatan PDIP dan Golkar menyatu mengingat keduanya adalah partai terkuat," ujar Adi.

Prabowo Subianto belum memutuskan siapa pendampingnya untuk berlaga di Pilpres 2024 mendatang. Padahal pendaftaran capres dan cawapres akan dibuka 19-26 Oktober

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News