Prabowo-Hatta Unggul Tipis di Sumsel

Prabowo-Hatta Unggul Tipis di Sumsel
Prabowo-Hatta Unggul Tipis di Sumsel

jpnn.com - PALEMBANG - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Prabowo - Hatta mengungguli pasangan nomor urut 2, Jokowi-JK di wilayah Sumsel berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count LPP Radio Republik Indonesia (RRI).

Kepala LPP RRI Palembang Agung Soesatyo mengatakan, pasangan Prabowo-Hatta berhasil meraih 51,23 persen, sementara pasangan Jokowi-JK 48,77 persen, dengan suara masuk 86,15 persen.

"Karena sudah melebihi 80 persen, kemungkinan untuk berubah sangat sulit, paling kalaupun ada pergerakan hanya di komanya saja," kata Agung dalam keterangan persnya di kantor LPP RRI Palembang, kemarin (9/7).

Ia mengatakan, hitung cepat RRI menggunakan metode multistage sampling dengan tingkat kesalahan 1 persen. RRI juga menerjunkan 65 relawan yang menyebar secara merata di Sumsel.

Kemenangan Prabowo-Hatta di Sumsel, lanjut Agung, sudah diprediksi sebelumnya, mengingat pasangannya, Hatta Rajasa merupakan putra asli Sumsel, tepatnya dari Jejawi Ogan Komering Ilir (OKI). "Kalau kita lihat Sumsel, memang karena asal pak Hatta itu dari Jejawi (OKI)," ujarnya.

Mesikipun unggul di Sumsel, namun secara nasional, pasangan Jokowi-JK masih unggul dari Prabowo-Hatta dengan 52,67 persen berbanding 47,33 persen dengan suara masuk mencapai 94,65 persen.

"Secara nasional kita menerjunkan 200 relawan. Kita pastikan quick count kita ini bersifat independen, karena yang kita lakukan untuk menjawab kritikan dari masyarakat terkait banyaknya hasil survei yang berbeda-beda, diharapkan hasil quick count kita ini dapat menjadi pembanding bagi masyarakat," bebernya.

Sementara itu, pengamat politik Sumsel, Joko Siswanto menilai, kemenangan Prabowo-Hatta di Sumsel dengan margin yang sangat tipis, merupakan keuntungan tersendiri bagi pasangan Jokowi-JK.

PALEMBANG - Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1, Prabowo - Hatta mengungguli pasangan nomor urut 2, Jokowi-JK di wilayah Sumsel berdasarkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News