Prabowo Juga Jago Blusukan

Prabowo Juga Jago Blusukan
Prabowo Juga Jago Blusukan

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat politik Yunita Mandolang mengatakan tidak hanya Joko Widodo yang dikenal bisa blusukan, tapi juga Prabowo Subianto. Menurutnya, Jokowi terkenal dengan blusukannya karena disorot kamera dan jadi pemberitaan media sehingga muncul sebagai pencitraan.

Sementara Prabowo sendiri kata Yunita, blusukan merupakan pekerjaan utamanya saat menjadi tentara. Blusukannya tidak hanya di kota tapi juga sampai ke pelosok desa.

“Pekerjaan utama tentara justru blusukan. Tentara selalu berada di tengah-tengah masyarakat, dekat dengan mereka. Meski pasukan elit, Prabowo pernah ditempatkan dimana saja,” ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Jumat (20/6).
 
Yunita mengungkapkan, masyarakat terlanjur mengidentikkan tentara dengan perang dan sejata. Itu membuat peran tentara dalam membantu berbagai persoalan masyarakat terlupakan. Mulai membangun desa hingga membantu korban bencana menjadi bagian tugas tentara.
 
“Saat ada bencana seperti tsunami, siapa duluan yang menolong korban? Tentara. Masa Orde Baru, bahkan ada program ABRI masuk desa. Masyarakat lupa itu,” tuturnya yang juga merupakan Kepala Riset Indonesia Research Centre (IRC).
 
Sebagai tentara, Prabowo bahkan harus bertaruh nyawa dalam bertugas. Misalnya, saat memimpin operasi pembebasan sandera Mapenduma pada Januari 1996. “Kalau ada masalah, tentara duluan yang maju,” tegasnya. (jpnn)


JAKARTA - Pengamat politik Yunita Mandolang mengatakan tidak hanya Joko Widodo yang dikenal bisa blusukan, tapi juga Prabowo Subianto. Menurutnya,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News