Prajurit TNI AL dan AL Yunani Gelar Latihan Mailbag Transfer

Prajurit TNI AL dan AL Yunani Gelar Latihan Mailbag Transfer
Prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL melaksanakan latihan mailbag transfer dengan HS Elli-F450 kapal perang AL Yunani dengan manuver lapangan di Laut Mediterania, Jumat (8/6). Foto: Penerangan Satgas MTF/UNIFIL

jpnn.com, LEBANON - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Maritime Task Force (Satgas MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-J/United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) dibawah pimpinan Kolonel Laut (P) Alan Dahlan sebagai Dansatgas dan sekaligus Komandan KRI Usman Harun-359 melaksanakan latihan mailbag transfer dengan HS Elli-F450 kapal perang Angkatan Laut Yunani dengan manuver lapangan di Laut Mediterania, Jumat (8/6/2018).

Kolonel Alan Dahlan menyampaikan bahwa mailbag transfer merupakan bagian latihan Replenisment At Sea atau pembekalan di laut dilaksanakan oleh dua kapal atau lebih dengan salah satu unsur kapal sebagai deliverimg ship atau kapal pemberi, sedangkan unsur yang lain sebagai receiving ship atau kapal penerima.

Menurut Alan Dahlan, latihan Replenisment At Sea dilaksanakan dengan tujuan memberikan tambahan dukungan logistik kepada unsur kapal yang membutuhkan agar dapat melaksanakan tugas di laut lebih lama tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan.

“Latihan mailbag transfer ini dimulai dengan pembentukan formasi satu atau formasi berurutan antara kedua kapal dengan HS Elli-F450 sebagai penjuru formasi diikuti KRI Usman Harun-359. Setelah formasi ini terbentuk, selanjutnya KRI Usman Harun-359 bergerak ke arah buritan lambung kiri HS Elli-F450, kemudian dilaksanakan pencocokan kompas oleh kedua kapal tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, Alan Dahlan mengatakan pencocokan kompas ini dilaksanakan dengan maksud untuk menyamakan gyro kompas antar-kedua kapal sebagai acuan dalam mengolah gerakkan kapal. Setelah tahapan ini, KRI Usman Harun-359 mulai bergerak mendekati HS Elli-F450 untuk menempati stasiun latihan.

Pada tahap kedua, KRI Usman Harun-359 melaksanakan proses pendekatan sampai menempati stasiun di lambung kiri HS Elli-F450 dan dimulai kegiatan rangkaian mailbag transfer. Mailbag transfer dimulai dengan menembakan gunline dari KRI Usman Harun-359 ke geladak HS Elli-F450, kemudian oleh personel HS Elli-F450 tali gunline tersebut disambungkan dengan tali jarak dan tali mailbag.

“Tali tersebut ditarik kembali menuju KRI Usman Harun-359 dan setelah semua tali terpasang kegiatan pengiriman material dapat dilaksanakan. Dalam latihan ini, KRI Usman Harun-359 dan HS Elli-F450 melaksanakan pengiriman plakat dan souvenir melalui mailbag tersebut. Setelah pengiriman barang selesai, tali-tali dilepas kembali sebagai tanda bahwa latihan selesai.

Kemudian kedua kapal bermanuver meninggalkan daerah latihan untuk berpatroli kembali di Area Maritime Operation (AMO),” ujarKolonel Laut (P) Alan Dahlan.

Prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL melaksanakan latihan mailbag transfer dengan HS Elli-F450 kapal perang AL Yunani di Laut Mediterania.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News