Senin, 19 Agustus 2019 – 08:26 WIB

Prasetyo Klaim Serius Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu

Senin, 16 Juli 2018 – 13:31 WIB
Prasetyo Klaim Serius Tuntaskan Pelanggaran HAM Masa Lalu - JPNN.COM

Jaksa Agung M. Prasetyo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jaksa Agung Prasetyo mengklaim semangat menyelesaikan kasus dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) berat di masa lalu tidak pernah padam.

Dia menegaskan bahwa Korps Adhyaksa pengin persoalan HAM masa lalu itu bisa tuntas. “Saya selalu katakan khususnya untuk pelanggaran perkara HAM berat ini tidak mengenal istilah kedaluwarsa, makanya harus diselesaikan,” kata Prasetyo sebelum rapat kerja dengan Komisi III DPR, Senin (16/7) di gedung parlemen, Jakarta.

Menurut dia, kalau tidak diselesaikan maka persoalan HAM berat masa lalu akan menjadi warisan terus-menerus bagi bangsa ini. Indonesia akan tersandera dengan tuduhan pelanggaran HAM berat masa lalu. “Jadi ini harus diselesaikan," kata mantan politikus Partai Nasdem ini.

Prasetyo menambahkan Kejagung juga harus realistis. Sebab, persoalan ini sudah terjadi puluhan tahun silam. Nah, ujar dia, tentu yang menjadi persoalan adalah bagaimana mengumpulkan bukti-buktinya, siapa tersangka maupun saksinya.

“Kami terus bekerja dan terus melakukan pertemuan denga Komnas HAM serta berbagai instansi lain yang memiliki kewajiban melakukan penyelidikan,” jelasnya.

Menurut dia, jika sampai saat ini penyelidikan belum menunjukkan hasil, memang itulah yang terjadi.

“Kami tidak mungkinmengajukan satu perkara tanpa di-backup dengan bukti-bukti yang cukup," ungkapnya.(boy/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar