Presiden El Salvador Ungkap Cara Para Pemimpin Dunia Melindungi Diri dari Virus Corona

Presiden El Salvador Ungkap Cara Para Pemimpin Dunia Melindungi Diri dari Virus Corona
Presiden El Salvador terpilih Nayib Armando Bukele Ortez. Foto: Criterio.hn

jpnn.com, SAN SALVADOR - Presiden El Salvador Nayib Bukele mengatakan bahwa dirinya mengonsumsi hidrosiklorokuin, obat malaria yang dipromosikan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk melawan COVID-19. 

Lebih lanjut, Bukele menyebut El Salvador sendiri tidak lagi mempromosikan obat itu untuk perawatan pasien COVID-19, sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, pasien bisa meminumnya sebagai pencegahan jika mau.

"Saya menggunakannya sebagai profilaksis (pencegahan), Presiden Trump juga menggunakannya sebagai profilaksis, kebanyakan pemimpin dunia menggunakannya sebagai profilaksis," kata Bukele kepada wartawan.

Langkah Bukele dalam menangani wabah di negaranya menuai kritik. Pemimpin 83 tahun itu dinilai cenderung otoriter dan melampaui kewenangannya.

Duta Besar AS untuk El Salvador Ronald Johnson, ketika berbicara dalam sebuah acara bersama Bukele, mengatakan bahwa dia sendiri setuju dengan langkah Bukele menangani pandemi ini.

"Saya percaya bahwa dalam situasi krisis saat ini, seringkali kita harus menyerahkan sedikit kebebasannya dalam rangka menyelamatkan hak dan kebebasan mayoritas dan juga keseluruhan masyarakat. Ini sesuatu yang hanya sementara," kata Johnson. (ant/dil/jpnn)

Menurut Presiden El Salvador, kebanyakan pemimpin dunia menggunakan obat tersebut sebagai profilaksis terhadap virus corona


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News