Presiden Jokowi Kunjungi Stan WBP di Trade Expo Indonesia

Presiden Jokowi Kunjungi Stan WBP di Trade Expo Indonesia
Direktur Latkerpro Ditjen PAS Kemenkumham Harun Sulianto saat menjelaskan produk karya WBP kepada Presiden Joko Widodo di ajang Trade Expo Indonesia ke-32 di BSD, Rabu (11/10). Foto: dokumen Kemenkumham

jpnn.com, TANGSEL - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi stan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di ajang Trade Expo Indonesia ke-32 yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tanggerang Selatan, Rabu (11/10). Di dalam stan Ditjen PAS itu dipajang beragam produk unggulan karya warga binaan pemasyarakatan (WBP) dari berbagai lapas dan rutan.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi (Latkerpro) Ditjen PAS Harun Sulianto yang menyambut kehadiran Presiden Jokowi menceritakan, Presiden Ketujuh RI itu memberikan apresiasi atas pameran produk-produk WBP. Bahkan, Presiden Jokowi sempat bertanya tentang beberapa produk karya WBP.

Harun pun  menjelaskan satu per satu karya WBP yang dipajang di stan Ditjen PAS. Di antaranya adalah Jeera Bag, produk tas karya WBP Rutan Kelas I Cipinang yang sudah diekspor ke Timur Tengah.

Lalu ada kursi malas berbahan anyaman plastik karya WBP Lapas Narkotika Cirebon yang diekspor ke Jerman, Perancis, dan Timur Tengah. Ada pula ada juga meubelair karyaWBP Lapas Kelas 1 Surabaya di Porong yang diekspor ke Eropa.

Presiden Jokowi Kunjungi Stan WBP di Trade Expo Indonesia

Presiden Joko Widodo yang didampingi Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengunjungi stan Ditjen PAS di Trade Expo Indonesia di BSD City, Rabu (11/10). Foto: Kemenkumham

Stan Ditjen PAS juga memajang tikar kayu karya napi di Lapas Kelas IIA Pontianak, serta kerajinan kayu dan alat makanan buatan WBP Lapas Kelas IIB Banyuwangi yang telah diekspor ke Jepang dan Korea Selatan. “Ada 25 lapas mengikuti pameran dan sebelas lapas produk karya WBP-nya sudah diekspor ke luar negeri,” ucapnya.

Harun menambahkan, Presiden Jokowi juga menyalami barista asal Rutan Kelas I Cipinang saat melihat produk kopi racikan WBP yang dipajang di Trade Expo Indonesia ke-32. Bahkan, mantan Gubernur DKI itu juga bertanya beberapa hal kepada para barista hasil didikan Jeera Foundation tersebut.

Presiden Joko Widodo memberikan apresiasinya atas produk-produk karya warga binaan pemasyarakatan yang dipajang di Trade Expo Indonesia ke-32.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News