Presiden Jokowi Minta Pengelolaan Air Jadi Prioritas Agenda 10th WWF Kick-Off Meeting

Presiden Jokowi Minta Pengelolaan Air Jadi Prioritas Agenda 10th WWF Kick-Off Meeting
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia telah siap menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF), dengan digelarnya Kick-Off Meeting pada 15-16 Februari 2023 di Jakarta Convention Center.

Acara ini dihadiri lebih dari 1.400 peserta yang datang dari pemangku kepentingan dan berbagai stakeholders di bidang pengelolaan air, sebagai perkenalan menuju WWF ke-10 Tahun 2024.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah WWF mendatang, diharapkan semakin membuka peluang kerja sama di bidang pengelolaan sumber daya air disamping memberi dampak ekonomi bagi Indonesia. Pemerintah menargetkan kehadiran 17.000 peserta dan 30.000 pengunjung dari 172 negara ke lokasi penyelenggaraan WWF ke-10 di Bali, 18-24 Mei 2024.

Presiden Joko Widodo menyampaikan agenda penting yang harus diprioritaskan dalam penyelenggaraan WWF 2024.

Yakni, upaya konservasi air; ketersediaan air bersih dan sanitasi; ketahanan pangan dan energi; serta mitigasi  bencana alam berupa banjir dan kekeringan.

“Agenda-agenda tersebut harus menjadi kerja bersama, partisipasi rakyat dan kerja sama dari berbagai pihak, dialog dan kemitraan antar negara yang dilakukan dalam semangat  kebersamaan untuk kesejahteraan rakyat dunia,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutan melalui video.

Presiden World Water Council, Loïc Fauchon, dalam opening ceremony menyampaikan urgensi Kick-Off merupakan momentum untuk menjadikan air sebagai isu penting.

Sebagai sumber daya alam, air merupakan satu-satunya yang tidak bisa dihasilkan ulang, sehingga penting untuk menjaga keberlangsungan air.

Presiden Joko Widodo menyampaikan agenda penting yang harus diprioritaskan dalam penyelenggaraan WWF 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News