Presiden Korsel akhirnya Minta Maaf Soal Penusukan Dubes AS

Presiden Korsel akhirnya Minta Maaf Soal Penusukan Dubes AS
Duta Besar Amerika Serikat untuk Korea Selatan, Mark Lippert usai mendapat serangan dari pria pendukung unifikasi Korea. foto.AFP PHOTO/Munhwa Ilbo/JPNN.com

jpnn.com - SEOUL - Korea Selatan (Korsel) harus membayar mahal aksi Kim Ki-jong Kamis pagi lalu (5/3). Tidak mau hubungannya dengan Amerika Serikat (AS) renggang, pemerintahan Presiden Park Geun-hye pun langsung minta maaf. Kemarin (6/3) proses hukum terhadap penusuk Duta Besar Mark Lippert itu pun langsung berjalan. 

"Ini insiden yang sangat memalukan. Negara kami, negara dengan perekonomian terbesar ke-10 di dunia, tidak berdaya mencegah terjadinya aksi teror seperti itu," tulis harian terlaris Korsel Chosun Ilbo dalam editorialnya kemarin. Pernyataan yang sama tertulis pada halaman depan Korea Times, koran berbahasa Inggris di Negeri Ginseng tersebut. 

Seiring kian tersebar luasnya gambar pipi Lippert yang berdarah ke seluruh dunia, semakin merah padamlah wajah Korsel. Apalagi, insiden semacam itu tidak pernah terjadi sebelumnya. Kementerian Luar Negeri Korsel menerangkan bahwa Lippert merupakan diplomat negara sahabat pertama yang mengalami kejadian tidak mengenakkan tersebut. 

Setelah berakhirnya Perang Korea, Korsel nyaris tidak pernah lagi bermasalah dengan keamanan. Tapi, insiden Jumat pagi lalu menjadi sinyal kuat bahwa negara makmur itu pun tidak luput dari ancaman teror. Maka, Korsel pun perlu berbenah. Terutama, mengubah aturan pengawalan diplomat asing. Selama ini fungsi pengawalan tidak terlalu penting dan cenderung bersifat formalitas belaka.

Sementara itu, polisi Korsel mulai menyiapkan pasal berlapis untuk menjerat Kim. Sebab, pelaku yang juga aktivis garis keras anti-AS itu bukanlah pemain baru. Pada 2010 dia pernah mempermalukan Korsel saat menyerang diplomat Jepang. Saat itu dia melemparkan batu ke arah duta besar Negeri Sakura tersebut. Ketika itu dia diganjar hukuman percobaan saja. (AP/AFP/hep/c10/ami/jpnn) 

SEOUL - Korea Selatan (Korsel) harus membayar mahal aksi Kim Ki-jong Kamis pagi lalu (5/3). Tidak mau hubungannya dengan Amerika Serikat (AS) renggang,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News