Presiden Minta Kepala Daerah Cepat Lapor

Presiden Minta Kepala Daerah Cepat Lapor
Presiden Minta Kepala Daerah Cepat Lapor
JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memperingatkan seluruh jajarannya agar serius menjalankan roda pemerintahan. Presiden mengaku bisa memantau semua kegiatan anak buahnya secara real time. Di bantu Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4), Presiden bisa membuat keputusan meski sedang berada di luar negeri.

“Pengambilan keputusan bisa dilakukan di mana saja. Tidak mesti harus berada di tempat. Kalau pun sedang berada dalam penerbangan (ke luar negeri), kita bisa ambil keputusan penting. Tidak usah jadi isu politik,” kata SBY. Presiden meminta jajarannya di Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II, hingga gubernur dan walikota/bupati agar memberi laporan setiap saat tentang kejadian penting di tanah air.

“Sekarang kita sudah punya situation room. Ruang ini dilengkapi fasilitas yang dapat memantau kegiatan pemerintahan. Tentu tim UKP4 akan melakukan fungsinya,” terang SBY. Ruang yang terletak di lantai I Gedung Bina Graha itu sudah di uji coba penggunaannya pada sidang paripurna kabinet, Senin (12/7). Ruangnya berbentuk oval dan dipenuhi layar besar. Tim UKP4 akan melakukan monitoring kinerja pemerintahan di situation room. “Tim juga membantu Presiden melakukan telaah sebelum mengambil keputusan. Karena keputusan penting itu tidak bisa ditunda-tunda,” katanya.

Kontrol kinerja pemerintahan tidak hanya difokuskan untuk jajaran menteri dan pejabat di bawah Presiden, namun untuk level gubernur, bupati, dan walikota juga dilakukan pemantauan secara ketat. “Saya minta kepada seluruh jajaran pemerintahan di tanah air untuk memberikan informasi yang akurat. Sebab pengambilan keputusan akan berdampak pada kebijakan. Gubernur dan bupati/walikota juga secara aktif memberikan laporan,” pinta SBY.

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memperingatkan seluruh jajarannya agar serius menjalankan roda pemerintahan. Presiden mengaku bisa memantau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News