Marzuki Setuju Ide soal Kapolri Tak Harus Polisi

Marzuki Setuju Ide soal Kapolri Tak Harus Polisi
Marzuki Setuju Ide soal Kapolri Tak Harus Polisi
JAKARTA - Wacana yang dilontarkan politisi Golkar di Komisi Hukum DPR, Nudirman Munir agar calon Kapolri pengganti Bambang Hendaro Danuri nanti berasal dari luar Polri, mendapat tanggapan dari Ketua DPR RI Marzuki Alie. Meski ide itu cukup baik, namun menurut Marzuki usulan itu harus didorong dengan revisi atas UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI.

"Karena sementara kita masih berpegang pada UU Kepolisian yang mengatur bahwa Kapolri diambil dari jajaran institusi kepolisian. Tetapi kalau presiden dan DPR sepakat bahwa itu (kapolri dari internal Polri) tidak harus, maka mungkin saja bisa dilakukan (melalui revisi) UU," tandas Marzuki di gedung DPR RI, Senin (12/7).

Lebih lanjut Marzuki mengakui, saat ini Polri memang jadi sorotan. Karenanya Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu tidak menampik gagasan tentang perlunya terobosan untuk membenahi Polri, termasuk mencari Kapolri dari luar Pilri.

Hanya saja Marzuki juga mengingatkan bahwa kewenangan mencalonkan Kapolri ada di Presiden. "Jadi jika presiden sebagai atasan kapolri menginginkan kapolri bukan dari institusi Polri yang aktif, maka paling tidak hal itu bisa dibicarakan dengan DPR,” jelasnya.

JAKARTA - Wacana yang dilontarkan politisi Golkar di Komisi Hukum DPR, Nudirman Munir agar calon Kapolri pengganti Bambang Hendaro Danuri nanti berasal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News