Presiden Prancis Datang, USD 2,6 Miliar Investasi Masuk

Presiden Prancis Datang, USD 2,6 Miliar Investasi Masuk
Presiden Prancis Francois Hollande. Foto: AFP

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Presiden Prancis Francois Hollande, dalam upacara kenegaraan di Istana Merdeka, Rabu (28/3).

Jokowi senang. Sebab, selain menerima kunjungan pemimpin Prancis yang terakhir datang ke Jakarta pada 30 tahun lalu, Hollande kali ini membawa serta pengusaha dari negaranya untuk berinvestasi di tanah air.

"Merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menerima kunjungan yang mulia Presiden Perancis. Kunjungan ini merupakan kunjungan bersejarah," ujar Jokowi dalam konferensi pers usai pertemuan bilateral kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi dan Hollande sepakat memperkuat komitmen kedua negara dalam meningkatkan hubungan baik.
Apalagi Indonesia-Prancis selama ini memiliki kerja sama strategis termasuk di bidang ekonomi.

"Saya juga menghargai kunjungan Presiden Hollande kali ini disertai sekitar 40 pengusaha. Dan saya menyambut baik komitmen baru investasi pengusaha Perancis sekitar USD 2,6 miliar untuk meningkatkan kerjasama di bidang energi, infrastruktur dan retail," ungkap Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Prancis yang telah membantu melawan tindakan diskriminatif terhadap produk kelapa sawit Indonesia.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyambut baik fokus baru kedua negara dalam hubungan bilateral.

Yaitu kerja sama maritim dan ekonomi kreatif meliputi bidang sinematografis, perfilman, fashion dan ekonomi digital.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kedatangan Presiden Prancis Francois Hollande, dalam upacara kenegaraan di Istana Merdeka, Rabu (28/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News