Presiden SBY Keluhkan Imigran Gelap yang Datang ke Indonesia

Presiden SBY Keluhkan Imigran Gelap yang Datang ke Indonesia
Presiden SBY Keluhkan Imigran Gelap yang Datang ke Indonesia

jpnn.com - JAKARTA - Isu penyelundupan manusia (people smuggling) menjadi salah satu pembahasan secara umum dalam pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Perdana Menteri Australia Tony Abbott  di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (30/9). Menurut SBY, people smuggling memang menjadi momok yang menyusahkan bangsa Indonesia dan Australia. Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama dalam menyelesaikannya.

“Banyak sekali warga negara lain dari Timur Tengah dan negara lain yang datang ke Indonesia memberikan beban ke Indonesia baik sosial dan ekonomi. Ketika sebagian dari mereka melanjutkan ke Australia juga memberikan beban ke Indonesia.  Kita sama-sama menjadi korban,” tutur Presiden dalam pidatonya di hadapan Perdana Menteri Abbot serta delegasi.
 
Presiden mengingatkan perlu ada kerjasama bilateral antara Indonesia dan Australia untuk mengatasi hal itu. Namun, dia tidak menjelaskan teknis kerjasama yang akan dilakukan antardua negara. Menurut Presiden, secara teknis kerjasama akan dibicarakan di kesempatan lain.

“Forum ini bukan untuk diskusi detail untuk mengatasi itu, tapi ada forum lebih lanjut. Perdana Menteri dan saya memiliki komitmen untuk selesaikan masalah ini dengan baik,” tegas Presiden SBY.

Terakhir para imigran gelap yang akan ke Australia kembali memberikan beban pada Indonesia, saat kapal yang membawa mereka karam di sekitar perairan Agrabinta, Kabupaten Cianjur, pekan lalu. 22 imigran tewas dalam peristiwa tersebut. (flo/jpnn)

 


JAKARTA - Isu penyelundupan manusia (people smuggling) menjadi salah satu pembahasan secara umum dalam pertemuan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News