Prestasi Perlu Prioritas

Antara Liga dan Piala AFC

Prestasi Perlu Prioritas
Prestasi Perlu Prioritas

jpnn.com - JAKARTA - Dua tahun yang lalu, Persipura Jayapura sempat memunculkan harapan Indonesia untuk bisa menembus babak semifinal Piala AFC untuk pertama kalinya. Namun, target tersebut akhirnya tidak bisa direalisasikan dan Persipura hanya mampu bertahan hingga babak perempat final.

Opsi mengejar prestasi di Asia pun harus mengorbankan konsekuensi bagi klub berjuluk Mutiara Hitam itu. Sebab, di kompetisi domestik, pada Indonesia Super League (ISL) 2011-2012 mereka pun harus kehilangan mahkotanya. Persipura harus puas bertengger di bawah Sriwijaya FC yang di Piala AFC hanya menembus babak 16 Besar.

Potensi tersebut bisa saja kembali dihadirkan anak asuhan Jacksen Ferreira Tiago pada musim ini. Terlalu fokus mengejar prestasi di level Asia, maka bersiap kehilangan mahkota juara liga.

"Dan untuk sementara, saat ini kami ingin meraih kedua-duanya. Bagus di liga, ya bagus juga di Asia," ujar ketua harian Persipura, La Siya, di Jakarta, kemarin (19/1).

Berdasarkan jadwal yang diluncurkan AFC, Boaz Solossa dkk akan tergabung di Grup E. Dalam babak penyisihan grup, Persipura bakalan ditantang Home United (Singapura), New Radiant SC (Maladewa), dan Churchill Brothers (India). Laga perdana menghadapi Churchill dilangsungkan pada 25 Februari mendatang, di Jayapura.

Untuk penyisihan grup saja, Persipura mesti menyelipkan fokusnya di sela-sela kepadatan jadwal di ISL. Belum lagi jika mereka lolos ke babak 16 Besar, perempat final, atau bahkan semifinal dan final. La Siya mengakui sendiri bahwa tidak mudah untuk menghasilkan prestasi beriringan antara liga dan Asia.

Hanya, dengan berbekal pematangan permainan Persipura yang lebih awal di Batu akhir pekan kemarin, kekompakan pemainnya bisa menjadi bekal. "Walaupun ada beberapa pemain yang di musim ini pindah, tapi penggantinya kami pikir juga tidak kalah. Masih ada coach Jacksen juga kan," ungkapnya.

Hal yang sama juga menghinggapi Arema Cronous. Bersama Persipura, Arema juga mempunyai ambisi besar di Piala AFC. Tentunya mereka juga ingin menyamai atau bahkan melebihi kiprah Arema IPL yang mampu melaju hingga babak perempat final Piala AFC edisi 2012. Asa tersebut akan berpadu dengan keinginan menjuarai ISL musim ini.

JAKARTA - Dua tahun yang lalu, Persipura Jayapura sempat memunculkan harapan Indonesia untuk bisa menembus babak semifinal Piala AFC untuk pertama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News