Pria yang Nyaris Tewas Kesetrum Listrik di Gardu PLN Ternyata Hendak Mencuri Kabel

Pria yang Nyaris Tewas Kesetrum Listrik di Gardu PLN Ternyata Hendak Mencuri Kabel
Kapolsek menunjukkan alat yang dipakai tersangka untuk mencuri kabel listrik di garud milik PLN. Foto : edho/sumeks.co

jpnn.com, PALEMBANG - Dedi Nopriansyah, 33, warga Kemuning, Palembang, Sumsel, nyaris tewas tersengat listrik tegangan tinggi saat mencoba melakukan pencurian di gardu PLN, Senin (1/2/2021) sore.

Unit Reskrim Polsekta Kemuning berhasil mengungkap kasus pencurian tersebut setelah Dedi berulang kali diinterogasi saat mendapatkan perawatan di RSMH Palembang selama empat hari.

Awal kejadian, memang pihak PLN datang ke lokasi kejadian dan belum curiga dengan aksi tersangka.

“Ditemukan alat potong dan kunci-kunci yang digunakan tersangka untuk memotong kabel PLN. Tersangka sempat dibawa ke rumah sakit dalam keadaan sadar tersangka,” Kapolsek Kemuning Palembang AKP Heri SH MH didampingi Kanit Reskrim Iptu Heriyanto.

Tersangka tersengat aliran listrik pada saat akan mematikan aliran listik dengan menggunakan peralatan yang telah dibawanya. Aksi tersebut diawalinya dengan cara memanjat pagar beton gardu listrik tersebut.

Selain itu, tersangka juga sudah mempersiapkan kabel yang bukan standar untuk menggantikannya dengan kabel tembaga di gardu listrik.

“Kalau pengakuan tersangka baru satu kali melakukan aksinya. Kami sudah berkoordinasi denga pihak PLN untuk mencari tempat-tempat lain yang diduga telah dicuri oleh tersangka,” terang Kapolsek.

Sebelumnya tesangka pernah menjadi vendor PLN. Dari pengalaman itu, tersangka kemudian mencoba untuk mengganti kabel.

“Pernah bekerja di pihak ketiga bagian membersihkan tiang dan gardu, oleh karena itu pelau sudah paham dengan kondisinya,” tambah Heri.

Dedi Nopriansyah, 33, warga Kemuning, Palembang, Sumsel, nyaris tewas tersengat listrik tegangan tinggi saat mencoba melakukan pencurian di gardu PLN, Senin (1/2/2021) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News