Prioritaskan Ormas yang Urus Petani-Nelayan

Prioritaskan Ormas yang Urus Petani-Nelayan
Prioritaskan Ormas yang Urus Petani-Nelayan
JAKARTA - Sejumlah masukan penting dilontarkan pembicara utama dan peserta  acara dialog pemerintah dengan sejumlah elemen masyarakat , yang akan dijadikan sebagai bahan mempersiapkan penyusunan draf Peraturan Pemerintah (PP) tentang pemberdayaan ormas.

Pakar sosiologi dari Universitas Nasional, Nia Elvina, misalnya, mengusulkan agar di PP yang merupakan turunan RUU Ormas yang diperkirakan Juli atau Juli mendatang disahkan menjadi UU itu, mengatur soal kriteria ormas yang layak digandeng pemerintah dalam pelaksanaan program pemberdayaan.

Nia mengusulkan agar tidak semua ormas digandeng pemerintah. Dosen cantik itu berpendapat, pemberdayaan masyarakat harus diarahkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Karenanya, ormas yang harus diprioritaskan untuk dijadikan mitra pemerintah adalah ormas yang konsen pada bidang pemberdayaan ekonomi. Misal ormas yang kiprahnya masuk ke desa-desa, menyentuh urusan petani atau nelayan," saran Nia, yang juga staf pengajar di Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu, di dialog yang digelar di Jakarta, Jumat (10/5) malam.

JAKARTA - Sejumlah masukan penting dilontarkan pembicara utama dan peserta  acara dialog pemerintah dengan sejumlah elemen masyarakat , yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News