Pro Mega Center Desak Koalisi

Pro Mega Center Desak Koalisi
Pro Mega Center Desak Koalisi
SOLO - Direktur Pro Mega  Center Mochtar Muhammad mengharapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan yang digelar di Solo 27 - 28 Januari ini dapat menghasilkan kesepakatan wacana koalisi partai, sebelum akhirnya menentukan calon wakil presiden. Sebab, sistem pemilu dengan multi partai yang berlaku di Indonesia saat ini tidak akan menciptakan single majority. '' Jadi, saat ini, siapa yang paling cepat bisa melakukan koalisi antar partai, maka mereka itulah yang bakal menjadi pemenang pemilu,'' kata Mochtar Muhammad kepada wartawan di sela-sela persiapan Rakernas di Solo, Senin (26/1).

Mochtar menegaskan, saat ini sejumlah partai politik sudah mulai menghitung kekuatan koalisi paska pemilu legislatif 2009.Karena itu, Mochtar menegaskan, bahwa dalam Rakernas di Solo kali ini, PDI Perjuangan diharapkan sudah membangun wacana koalisi dengan partai lain. ''Bukan hanya terfokus kepada penentuan calon wakil presiden. Sebab, menurut pengalaman sebelumnya, membangun koalisi antar partai biasanya lebih efektif sebelum menentukan figur calon wakil Presiden yang akan mendampingi Ibu Mega.''

Ditanya soal dengan siapa idealnya wacana koalisi partai yang bisa disandingkan dengan PDIP, Mochtar menyebut sejumlah partai yang menurutnya ideal untuk bersanding dengan partai berlambang moncong putih tersebut. Diantaranya, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Gerindra dan PKS. ''Visi yang diusung Gerindra dan Hanura sejalan dengan PDIP, jadi saya kira untuk kedua partai tersebut lebih mudah untuk disatukan. Sementara untuk PKS, memang masih diperlukan pembicaraan dan lobi-lobi tingkat tinggi,'' Mochtar menambahkan.

Menyinggung wacana Cawapres PDIP yang bakal diusung oleh PDIP, Mochtar berharap partai akan lebih berhati-hati dalam menentukan pendamping Megawati. Apalagi, dalam beberapa kali survey, menunjukkan bahwa pertarungan Capres dan Cawapres 2009 nanti, hanya akan didominasi dua pertarungan besar Incumbent SBY versus Megawati Soekarno Putri. ''Melihat kondisi ini, tentu partai harus lebih berhati-hati dan cerdas dalam menentukan figur cawapresnya,'' ujarnya.

SOLO - Direktur Pro Mega  Center Mochtar Muhammad mengharapkan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan yang digelar di Solo 27 - 28 Januari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News