Prodi Baru Segera Diumumkan

Prodi Baru Segera Diumumkan
Setelah lulus SLTA, lanjut ke Perguruan Tinggi. Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Kelembagaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti), Patdono Suwignjo ‎mengungkapkan, tercatat ada 2.137 usulan pembukaan program studi (prodi) baru pada sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di tahun 2015.

Dalam waktu dekat akan diumumkan mana usulan yang disetujui dan mana yang ditolak.

"Nanti, semua izin hari ini dikeluarkan‎ untuk tahun 2015 karena tahun ini Pak Menristek Dikti M Nasir memberlakukan morotarium pendirian prodi dan PT baru," ujarnya kepada JawaPos.com di Jakarta Rabu (30/3).

Patdono menuturkan, tim tengah bekerja terhadap prodi yang diminta untuk diperbaiki atau dikaji ulang dengan mempertimbangkan prodi sudah jenuh atau dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja.

"Tentunya, kalau prodi yang sudah jenuh akan ditolak. Proses jadwal hari ini akan diumumkan," tegasnya.

Lebih jauh, Patdono menambahkan, proses administrasi usulan pendirian prodi dan PT baru sudah menerapkan sistem‎ online pada tahun 2015 lalu.

Semua tahapan mulai dari verifikasi dokuman usulan, evaluasi dokumen, ‎hingga tahapan validasi dengan instrumen bersama BAN-PT harus dilalui sesuai tahapannya.

"Kalau sistem offline, proposal usulan prodi dan PT yang sudah tiga tahun tak terjawab bisa hilang tapi dengan sistem online gak mungkin hilang," tegas dia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News