Sekolah Harus Siapkan Genset

Sekolah Harus Siapkan Genset
Ujian Nasional berbasis CBT. Foto ilustrasi dok.Jawa Pos

jpnn.com - PADANG – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau biasa disebut Computer Based Test (CBT) di Sumbar pekan depan akan digelar di 45 sekolah yang terdiri dari 35 SMK, 4 SMA, dan 6 SMP.

Secara keseluruhan, 84 ribu siswa akan mengikuti UN , baik sistem CBT maupun Lembar Jawaban Kerja (LJK).

“Siswa yang akan mengikuti ujian tanggal 4 hingga 6 April nanti terdiri dari siswa SMA/MA, SMK dan kesetaraan paket C. Sementara ujian susulan digelar 9 Mei,” ujar Ketua Panitia UN Sumbar Nasmeri kepada Padang Ekspres (Jawa Pos Group), kemarin.

Ia mengaku tidak ada kendala dalam persiapan UN tahun pelajaran 2015/2016. Pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin agar tidak terjadi hal-hal tak diinginkan yang dapat berdampak pada pelaksanaan UN.

Apalagi ujian berbasis CBT, memiliki ketergantungan pada koneksi jaringan dan listrik yang lebih tinggi. Jangan sampai lampu tiba-tiba pudur saat siswa sedang asyik ujian.

“Kami sudah menyurati PLN Wilayah Sumbar Riau. Lalu, pihak sekolah juga diharuskan menyiapkan genset,” kata Nasmeri saat ditemui di ruangannya, kemarin (29/3).

Terkait persiapan UN secara keseluruhan, baik ujian sistem CBT, maupun LJK, menurutnya tidak ada kendala. Dalam rapat yang digelar siang kemarin, soal untuk kabupaten dan kota di Sumbar, kecuali Mentawai akan didistribusikan serentak 31 Maret dan 1 April.

Rencananya, 31 Maret soal-soal akan dikirim ke seluruh kabupaten. Lalu ke kota-kota pada 1 April. Bila tidak ada aral melintang, pada 1 April semua soal telah sampai di titik simpan kabupaten dan kota.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News