Prodi Manajemen Bencana UI Jajaki Kerja Sama dengan DPRI Kyoto University

Prodi Manajemen Bencana UI Jajaki Kerja Sama dengan DPRI Kyoto University
Universitas Indonesia (UI) terus menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menjalin kolaborasi akademik. Foto: dok UI

jpnn.com, JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) terus menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menjalin kolaborasi akademik.

Kaprodi Manajemen Bencana UI, Dr. Fatmah, SKM., M.Sc. mengatakan bahwa program Studi Manajemen Bencana UI menjajaki kerjasama dengan Disaster Prevention Research Institute (DPRI), Kyoto University, Jepang.

"Ini masih tahapan penjajakan kerjasama. Harapannya, kerja sama bisa terjalin dalam beberapa waktu ke depan. Tujuannya adalah untuk memperkuat kolaborasi riset di bidang kebencanaan antara Sekolah Ilmu Lingkungan UI dan DPRI Kyoto University," ujar Dr. Fatmah, Kamis, (27/7).

Dr. Fatmah menjelaskan bahwa kerja sama SIL UI dengan DPRI Kyoto University akan memberikan kontribusi pada sektor kebencanaan di Indonesia.

Sebab, Jepang memiliki sistem manajemen kebencanaan yang cukup baik mulai dari mitigasi bencana, kesiapsiagaan, tanggap darurat, rehabilitasi, dan rekonstruksi.

Menurutnya, UI harus bertukar pengalaman dan pengetahuan untuk memperkuat manajemen kebencanaan.

"Rencana kolaborasi dengan DPRI Kyoto University ini adalah dalam rangka memperkuat penelitian-penelitian praktik manajemen bencana khususnya bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, tanah longsor, dan banjir," terang Dr. Fatmah.

Selain penjajakan kerja sama, kegiatan yag diselenggarakan di Disaster Prevention Research Institute (DPRI), Kyoto University tersebut meliputi presentasi akademik antar kedua lembaga dan field trip ke pusat penelitian dan laboratorium gempa bumi dan longsor, DPRI Kyoto University.

Universitas Indonesia (UI) terus menjajaki kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka menjalin kolaborasi akademik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News