Rabu, 21 November 2018 – 03:24 WIB

Produk Susu Fermentasi Turunkan Risiko Penyakit Jantung?

Selasa, 06 November 2018 – 12:53 WIB
Produk Susu Fermentasi Turunkan Risiko Penyakit Jantung? - JPNN.COM

jpnn.com - Produk susu fermentasi seperti yoghurt dan kefir diketahui memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Menurut sebuah hasil studi, kebaikan dari produk susu fermentasi juga termasuk bisa turunkan risiko penyakit jantung.

Pada dasarnya, susu fermentasi melibatkan proses penguraian gula oleh bakteri dan ragi.

Selain dapat membantu meningkatkan pengawetan makanan, proses fermentasi ini juga memperbanyak jumlah bakteri baik di usus.

“Lactobacillus acidophilus misalnya, merupakan salah satu bakteri baik yang pada keadaan normal ada dalam saluran pencernaan manusia. Manfaat bakteri ini banyak sekali, mulai dari membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah dan mengatasi diare, serta mengatasi bakteri pada vagina yang bisa menyebabkan keputihan. Bakteri baik tipe ini biasanya terdapat pada produk susu fermentasi,” jelas dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

Ditambahkan juga oleh dr. Nitish Basant Adnani, BMedSc, dari KlikDokter bahwa makanan yang kaya akan bakteri Lactobacillus bisa meningkatkan suasana hati seseorang. 

Selain itu juga bisa membantu mengurangi gangguan depresi. Produk fermentasi juga dilaporkan dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik, membuang racun di dalam tubuh, mendukung kekebalan tubuh, termasuk melindungi diri dari kanker prostat dan tekanan darah tinggi (hipertensi).

Menurut hasil sebuah penelitian dari Universitas Finlandia yang diterbitkan di jurnal medis “British Journal of Nutrition”, ditemukan bahwa konsumsi produk susu fermentasi dapat melindungi Anda dari penyakit jantung jika dikonsumsi sesuai anjuran.

Sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan bisa meningkatkan risiko perkembangan kondisi kardiovaskular.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar