Produk UKM Binaan ECP Berhasil Memperluas Pasar Ekspor

Produk UKM Binaan ECP Berhasil Memperluas Pasar Ekspor
CV Mebel Internasional berhasil melakukan perluasan pasar ekspor produk furniture ke Uni Emirat Arab senilai USD 28,5 ribu pada Rabu (13/10) di Semarang, Jawa Tengah. Foto: Dok. CV Mebel Internasional

jpnn.com, SEMARANG - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali berhasil mencetak pelaku usaha berorientasi ekspor.

Melalui program pendampingan ekspor (export coaching program/ECP) 2021, CV Mebel Internasional berhasil melakukan perluasan pasar ekspor produk furniture ke Uni Emirat Arab (UEA) senilai USD 28,5 ribu pada Rabu (13/10) di Semarang, Jawa Tengah.

Turut hadir dalam pelepasan ekspor Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pendidikan Ekspor Indonesia (PPEI) Kemendag Heryono Hadi Prasetyo serta Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah M Arif Sambodo.

“Meskipun berbagai pembatasan akibat pandemi masih berlangsung, jumlah pelaku ekspor baru kian bertambah. Kami ucapkan selamat kepada CV Mebel Internasional yang berhasil melakukan ekspor ke Uni Emirat Arab. Semoga kegiatan ekspor ini menginspirasi pelaku usaha lainnya di seluruh Indonesia untuk terus melakukan kegiatan serupa sebagai bagian dari pemulihan ekonomi nasional,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Didi Sumedi di Jakarta pada kesempatan terpisah.

Sementara Heryono menyampaikan, CV Mebel Internasional merupakan peserta ECP untuk wilayah Jawa Tengah berhasil mendapatkan permintaan dari UEA dengan memanfaatkan lokapasar internasional yang difasilitasi ECP.

Momentum pemulihan ekonomi yang ditandai peningkatan permintaan ekspor harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Peluang yang ada harus digarap sebaik-baiknya oleh pelaku usaha Indonesia untuk mengekspor produk mereka ke pasar global.

“Kami terus memberikan fasilitasi untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing UMKM Indonesia melalui berbagai program dengan berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak,” ungkap Heryono.

Sebelumnya, peserta ECP Jawa Tengah, yaitu CV Megatrading Agri Corpora (MAC) di Klaten berhasil melakukan ekspor perdana ke Rusia pada Mei 2021 lalu.

Lewat program pendampingan ekspor 2021, CV Mebel Internasional berhasil melakukan perluasan pasar ekspor produk furniture ke Uni Emirat Arab.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News