Produksi Petasan Hidupi 5 Ribu KK

Produksi Petasan Hidupi 5 Ribu KK
Produksi Petasan Hidupi 5 Ribu KK
JATIBARANG – Sebanyak 5 ribu kepala keluarga (KK) bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dari membuat petasan. Ribuan KK tersebut terdapat di 4 desa yakni Lobener, Lobener Lor, dan Kalimati yang berada di Kecamatan Jatibarang dan Telukagung, Indramayu, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Angka ini terungkap saat penyuluhan dan pembinaan dalam menyatukan persepsi perajin petasan dari 4 desa yang bertempat di Kantor Kuwu Desa Lobener Lor, Kecamatan Jatibarang. Hadir dalam kesempatan itu Polres Indramayu, perwakilan Dinsosnakertrans, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Badan Penanaman Modal dan Perijinan Kabupaten Indramayu, unsur muspika dua kecamatan, serta para perajin petasan.

Disampaikan tokoh masyarakat Desa Telukagung, Supandi, keberadaan perajin petasan di 4 desa yang terdapat di 2 kecamatan dalam bentuk home industri tersebut sudah ada sejak puluhan tahun silam dan digeluti secara turun-temurun. Tak hanya itu, produksi petasan yang melibatkan perajin hingga 5000 kepala keluarga tidak lepas dari tuntutan ekonomi. “Yang jelas masyarakat sudah mengandalkan penghasilannya dari membuat petasan dan mampu menghidupi orang banyak,” kata pria yang juga ketua LSM Perak ini.

Menanggapi adanya permintaan penegak hukum untuk mengalihkan usaha utama masyarakat itu, ia dan warga lainnya meminta pengalihan usaha yang mendapat kawalan hingga tingkat pemasarannya. Sebab, kata dia, pengalihan bukan berarti tidak digubris perajin, tapi harus dilakukan secara matang agar tidak gagal dan tidak membuahkan hasil seperti yang sudah-sudah.

JATIBARANG – Sebanyak 5 ribu kepala keluarga (KK) bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga dari membuat petasan. Ribuan KK tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News