Prof. Mahfud Berorasi di Wisuda UNP, Ada 2 Pesan Penting bagi Wisudawan & Wisudawati

Prof. Mahfud Berorasi di Wisuda UNP, Ada 2 Pesan Penting bagi Wisudawan & Wisudawati
Menko Polhukam Prof. Mahfud Md menyampaikan orasi ilmiah pada wisuda Universitas Negeri Padang (UNP) di Sumatera Barat, Minggu (17/12/2023). Foto: Antara TV

jpnn.com, PADANG - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof. Moh. Mahfud Md menyampaikan orasi ilmiah pada acara wisuda Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Minggu (17/12/2023).

Dalam orasi itu, Mahfud berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati UNP yang segera menghadapi kehidupan nyata di masyarakat.

"Pertama, setelah keluar dari gedung ini, Saudara akan masuk ke laboratorium yang sesungguhnya, yaitu kehidupan masyarakat itu sendiri," kata Mahfud.

Guru besar ilmu hukum itu mengingatkan setiap lulusan perguruan tinggi berhati-hati ketika masuk ke masyarakat.

Menurut Mahfud, kegagalan penyandang gelar akademik dalam kehidupan bermasyarakat akan berpengaruh pada jenjang kehidupan dalam jangka panjang.

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu menuturkan mahasiswa yang gagal dalam mata kuliah tertentu masih bisa mengulang pada semester berikutnya. Namun, hal berbeda tidak bisa dilakukan di tengah kehidupan masyarakat.

Mahfud menegaskan akan sangat sulit bagi lulusan perguruan tinggi yang gagal dalam kehidupan bermasyarakat untuk memperbaikinya.

Oleh karena itu, Mahfud menyampaikan pesan kedua. Menurut dia, setiap lulusan perguruan tinggi semestinya tidak hanya memiliki ijazah, tetapi juga intelektualitas.

Prof. Moh. Mahfud Md dalam orasi ilmiahnya di Universitas Negeri Padang (UNP) menekankan soal lulusan perguruan tinggi harus punya intelektualitas dan moral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News