Prof Topo Dukung Gagasan Heuristika Hukum dari Ketua MA

Prof Topo Dukung Gagasan Heuristika Hukum dari Ketua MA
Ilustrasi Palu Hakim. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Hakim dituntut menemukan seni pendekatan dalam melihat sebuah perkara terutama pada kasus hukum yang menyangkut manusia dengan berbagai latar belakang dan persoalannya.

Hal itu disampaikan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Indonesia Prof. Topo Santoso, SH, MH, PhD menanggapi ide dan gagasan heuristika hukum dari Ketua Mahkamah Agung Muhammad Syarifuddin.

Topo mengatakan konsep heuristika hukum menarik untuk didiskusikan. Menurut dia, heuristika hukum bisa menjadi seni untuk menemukan pendekatan baru.

Seni untuk menemukan jalan keluar baru, dalam proses peradilan. Dia mengatakan, sebuah kasus merupakan problematika yang perlu ditemukan jalan keluarnya.

"Jadi kita tidak bisa menggeneralisasi, tidak semua kasus sama. Sebab, tersangkanya, korbannya, itu beda-beda," kata Prof. Topo.

Dalam menangani perkara, hakim dihadapkan pada dua tahap pekerjaan. Pertama, ketika hakim mau memutuskan perkara itu benar atau salah, terbukti atau tidak, pasti berdasarkan analisis terhadap barang bukti, keterangan terdakwa, keterangan ahli, sampai pada keyakinan sang hakim.

Kedua, kalau dari analisa tersebut ternyata terbukti dan terdakwa dinyatakan bersalah, sang hakim masih ada tugas berikutnya, yaitu menentukan masa hukuman.

Dalam KUHP yang disebutkan hanya maksimum hukuman. Kisaran hukuman bisa dimulai dari satu hari sampai, tujuh tahun, sepuluh tahun, dan seterusnya. Akhirnya, seringkali putusan hakim menjadi pertanyaan publik.

Heuristika hukum bisa menjadi seni untuk menemukan pendekatan baru dalam penanganan perkara di pengadilan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News