Prof Wiku Pastikan Kehalalan Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan di Indonesia

Prof Wiku Pastikan Kehalalan Vaksin Covid-19 yang Akan Digunakan di Indonesia
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww/aa.

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito memastikan bahwa vaksin yang akan digunakan di Indonesia memenuhi aspek kehalalan.

Selain halal, aspek keamanan dan efektivitas turut menjadi dasar penilaian untuk menggunakan vaksin corona.

Hal itu disampaikan Wiku saat menghadiri konferensi pers tentang Perkembangan Terkini Penanganan Covid-19 yang disiarkan akun Youtube BNPB Indonesia, Sabtu (14/11).

"Vaksin yang akan digunakan di Indonesia atas kerja sama internasional atau pengembangan dalam negeri, itu dipastikan aman dan efektif. Tentunya karena kita adalah negara muslim, vaksin-vaksin tersebut juga harus halal," ucap Wiku.

Terkait jaminan halal, kata Wiku, pemerintah sangat berhati-hati sebelum menggunakan vaksin.

Bahkan, pemerintah melibatkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendampingi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk meneliti vaksin Covid-19 yang akan dipakai di dalam negeri.

"Pada saat ini MUI bersama dengan Badan POM dan kementerian lembaga lainnya juga sudah me-review beberapa kandidat vaksin tentang aspek kehalalannya. Tentunya nanti akan berkembang juga dengan produk-produk lainnya yang akan diakses oleh pemerintah Indonesia," tutur Wiku.

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyinggung tentang protokol kesehatan yang wajib dilaksanakan rakyat Indonesia.

Satgas Covid-19 menjamin aspek halal pada vaksin corona yang akan digunakan di tanah air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News