Profil Aziz Syamsuddin: Mantan Aktivis Mahasiswa jadi Wakil Ketua DPR

Profil Aziz Syamsuddin: Mantan Aktivis Mahasiswa jadi Wakil Ketua DPR
Aziz Syamsuddin. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Berikut ini merupakan profil Aziz Syamsuddin, politikus Partai Golkar yang menduduki jabatan wakil ketua DPR periode 2019-2024.

Aziz akan duduk berdampingan dengan tiga wakil ketua lainnya, yakni Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rachmat Gobel yang mewakili partai Nasional Demokrasi, serta Muhaimin Iskandar atau Cak Imin dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Keempat wakil akan bekerja dengan Ketua DPR perempuan pertama, yakni Puan Maharani dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

Perjalanan Aziz Syamsuddin di parlemen berawal pada tahun 2004. Fraksi Golkar menempatkan pria kelahiran 31 Juli 1970 di Komisi III DPR RI. Komisi tersebut membawahi bidang hukum, hak asasi manusia, dan keamanan. Pada periode yang sama, Aziz juga menjadi Wakil Ketua Komisi III dalam usia 34 tahun.

Berdasar situs resmi DPR, Aziz Syamsuddin merampungkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Trisakti dan Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana.

Dia juga memiliki gelar magister dari University of Western Sydney, Australia, serta magister hukum dari Universitas Padjajaran Bandung.

Dalam masa periode pertamanya di DPR RI, dia merampungkan studi doktorat di bidang hukum dari Universitas Padjajaran pada tahun 2007.

Aziz Syamsuddin mengawali karir sebagai seorang konsultan di American International Assurance (AIA), yang merupakan sebuah perusahaan asuransi jiwa dan kerugian, pada tahun 1993. Pada saat itu, dia telah mengantongi ijazah dan titel Sarjana Ekonomi di belakang namanya yang diraih dari Universitas Krisnadwipayana Jakarta.

Profil Aziz Syamsuddin, merampungkan kuliah di Fakultas Hukum Universitas Trisakti dan Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, kini wakil ketua DPR dari Partai Golkar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News