Profil Fadel Muhammad: Mahasiswa Teladan, Guru Besar, Gubernur, Menteri, Wakil Ketua MPR

Profil Fadel Muhammad: Mahasiswa Teladan, Guru Besar, Gubernur, Menteri, Wakil Ketua MPR
Fadel Muhammad, salah satu Wakil Ketua MPR.periode 2019-2024. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Inilah profil Fadel Muhammad, yang kini menjadi salah satu wakil ketua MPR periode 2019-2024 dari kelompok DPD (Dewan Perwakilan Daerah).

Fadel, tokoh kelahiran Ternate, Maluku Utara, sudah matang di panggung politik, baik di lembaga legislatif maupun eksekutif.

Pria bernama lengkap Fadel Muhammad Al-Haddar itu pernah menjadi Gubernur Gorontalo selama dua periode, sejak 10 Desember 2001 hingga 22 Oktober 2009.

Pada Pilkada Provinsi Gorontalo 2006, Fadel memperoleh 81 persen suara yang tercatat sebagai tertinggi di Indonesia untuk pilkada sejenis. Capaian ini tercatat dalam Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) sebagai rekor suara tertinggi di Indonesia untuk pemilihan gubernur.

Fadel pun tercatat sebagai salah satu pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Ketua Umum Pengurus Dewan Jagung Nasional dan Ketua Umum Pusat Yayasan Al-Khairaat.

Fadel juga Ketua Umum Masyarakat Agribisnis dan Agroindustri Indonesia (MAI) serta Ketua Umum Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar).

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Fadel dipercaya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan mulai 2009-2011 pada Kabinet Indonesia Bersatu II.

Bersamaan dengan itu, karirnya di partai politik juga menanjak dari Ketua DPD I Partai Golkar Provinsi Gorontalo, Bendahara DPP Partai Golkar (1999-2004) menjadi Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar pada 2009 2011.

Berikut profil Fadel Muhammad yang ditetapkan menjadi salah satu wakil ketua MPR periode 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News