Profil Pelatih Timnas Timor Leste Gopalkrishnan A S Ramasamy, Pernah ke Indonesia

Profil Pelatih Timnas Timor Leste Gopalkrishnan A S Ramasamy, Pernah ke Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kiri) bersalaman dengan Pelatih Timor Leste, Gopalkrishnan A S Ramasamy (kanan) saat konferensi pers menjelang laga perdana grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 di Surabaya, Selasa (13/9/2022). Foto: ANTARA/Fiqih Arfani

jpnn.com, JAKARTA - Timor Leste kini dilatih oleh Gopalkrishnan A S Ramasamy. Nama ini memang sangat sulit dicari profilnya di dunia maya, tetapi sosok pelatih asal Malaysia itu bukan nama sembarangan.

Ramasamy selama ini dikenal sebagai instruktur kepelatihan AFC. Artinya, dia merupakan pelatihnya pelatih. Biasanya, instruktur yang telah ditunjuk oleh AFC, merupakan sosok yang berhak untuk memberikan kepelatihan ke calon-calon pelatih yang mengejar lisensi.

Ramsamy sendiri pernah menjadi instruktur salah satu kursus lisensi kepelatihan yang digelar oleh PSSI pada 2017 lalu. Saat itu, dia menjadi asisten dari instruktur AFC asal Indonesia, Emral Abus.

Dengan statusnya itu, Ramasamy memang ditugaskan oleh federasi sepak bola Timor Leste untuk membangun persepakbolaan di bekas provinsi ke-27 Indonesia tersebut.

Tugas itu tentu membutuhkan waktu yang panjang, karena itu dia tak mau berbicara target terlalu muluk di ajang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023 pada 14-18 September mendatang.

"Kami dari Timor Leste sedang dalam tahap perancangan pembentukan skuad masa depan," ucapnya, dalam jumpa pers Selasa (13/9).

Karena program jangka panjang itulah, Timor Leste tak dibebani target apa pun dalam ajang Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Apalagi, pelatih berdarah India itu tahu betul persaingan di Grup F bakal berat.

"Kami tidak ada target khusus, tetapi akan berjuang," tandasnya.

Sosok pelatih Timor Leste memang asing di telinga, tetapi dia memiliki status mentereng. Begini profilnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News