Profil Kompol Ricky Boy Sialagan, Anggota Polda Kalsel yang Mengemban Misi Perdamaian PBB di Sudan Selatan

Profil Kompol Ricky Boy Sialagan, Anggota Polda Kalsel yang Mengemban Misi Perdamaian PBB di Sudan Selatan
Kompol Ricky Boy Sialagan, salah satu personel Polda Kalsel yang bertugas dalam misi Perdamaian PBB di Sudan Selatan. Foto: Dokumentasi Kompol Ricky for JPNN.com

jpnn.com, BANJARMASIN - Seorang polisi di Kalimantan Selatan bernama Kompol Ricky Boy Sialagan lolos seleksi dan ditugaskan menjadi individual police officer (IPO) untuk misi perdamaian di Sudan Selatan Afrika.

Pria yang menjabat sebagai Kepala Subdit V Tipidsiber Ditreskrimsus Polda Kalsel ini bergabung dalam pasukan perdamaian United Nations Mission in South Sudan (UNMISS) dan bertugas sejak 6 Agustus 2022. 

Dia menjadi satu-satunya polisi di Kalsel untuk misi kali ini.

"Sekarang posisi sudah di Juba, Sudan Selatan," kata Ricky saat dihubungi JPNN, Rabu (10/8).

Sebagai polisi yang berjibaku langsung di daerah konflik, lelaki berusia 39 tahun ini bakal menjalani serangkaian tugas dan dikirim ke sejumlah provinsi di Sudan Selatan.

Dia menjelaskan pasukan perdamaian PBB memiliki peran utamanya, yaitu melindungi warga sipil dari ancaman kekerasan fisik, melaporkan pelanggaran HAM, serta memastikan bantuan kemanusiaan sampai ke tangan pengungsi.

Selain itu, Ricky juga mesti berperan untuk memantau implementasi perjanjian damai di Sudan Selatan.

Mantan Kasatreskrim Polres Kulonprogo itu mengaku tertarik melamar pekerjaan spesifik di bidang penyidikan yang masih berkaitan dengan misi perdamaian.

Misi Perdamaian melindungi warga sipil dari ancaman kekerasan fisik, melaporkan pelanggaran HAM & memastikan bantuan kemanusiaan sampai ke tangan pengungsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News