Program e-KTP Amburadul

Program e-KTP Amburadul
Program e-KTP Amburadul
SLAWI - Kurang sebulan pelaksanaan eKTP meninggalkan permasalahan serius di Kabupaten Tegal. Dari pengelolaan data yang dilakukan Disdukcapil hingga saat ini terdapat temuan data ganda yang mencapai 8000 orang.  Dari data ganda ini berdampak terbitnya 2 NIK bagi pemiliknya. Kepala Disdukcapil Drs Moch Ma"mun SH Mhum melalui Kabid Pengelolaan Data dan Dokumen Kependudukan Saeful Mizan menyatakan penyebab data ganda yang memicu terbitnya NIK lebih dari satu adalah saat pengentrian data dari wajib eKTP tidak lengkap.

"Bisa jadi saat entri data nama pemohon berbeda ejaan dan nama orang tua dalam hal ini ibu tidak dicantumkan. Terbitnya dua NIK ini harus segera diverifikasi ulang kepada pemohon untuk memastikan data mana yang hendak dipakai. Sebab eKTPO diberlakukian untuk menghindari ganda identitas," terangnya, Senin ( 2/4).

Dia juga tak menampik selaian NIK ganda, juga dimungkinkan adanya eKTP ganda. Hla ini lantaran saat perekaman data dilakukan secara off line, sehingga tak menutup kemungkinan pemohon yang sudah melakukan pemotretan, kembali ikut pemotretan ulang dikesempatan yang lainnya. "Untuk temuan e KTP ganda jelas tidak akan kita cetak. Perlu upaya justicevikasi pada pemohonnya dan akan kita cetak belakangan," tegasnya.

Dan soal prediksi perekaman data dan pemotretan yang bisa diakomodir hingga batasan pelaksanaan nanti sekitar 70 persen dari jumlah wajib eKTP yang ada diwilayahnya. Itupun bisa terwujud bila ada niatan dan dukungan dari pihak kecamatan yang ada. Dimana alat yang saat ini berada dikecamatan bisa diputarkan kedesa- desa mengoptimalkan sisa waktu 30 hari yang ada.

SLAWI - Kurang sebulan pelaksanaan eKTP meninggalkan permasalahan serius di Kabupaten Tegal. Dari pengelolaan data yang dilakukan Disdukcapil hingga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News