Program Unggulan untuk Revolusi Mental Pemuda di Desa

Program Unggulan untuk Revolusi Mental Pemuda di Desa
Menpora Imam Nahrawi. Foto: Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) merupakan salah satu program unggulan Kemenpora untuk tahun 2017. PMMD dilaksanakan sebagai bentuk keseriusan kementerian yang dinakhodai oleh Imam Nahrawi ini untuk mendukung gerakan revolusi mental di kalangan pemuda.

Mereka yang menjadi kader PMMD mencapi 1500 pemuda dari 10 Provinsi di Indonesia. Meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat.

Dengan program ini, Menpora Imam Nahrawi menyebutkan bahwa pemuda yang terpilih nantinya harus memiliki karakter kemandirian, jiwa kepeloporan, dan kesukarelawan.

“Kader PMMD ini harus bisa menggerakkan kegiatan kepemudaan dan keolahragaan di pedesaan," kata Imam, Minggu (4/12).

Menpora menyebut 1500 kader PMMD harus memiliki visi dan misi bersama untuk menyatukan tekad menjadi pioner dan role model bagi anak muda di desa-desa.

"Tugas pokok peserta PMMD ini adalah menumbuhkan kewirausahaan, ekonomi kreatif, berkarya dan berinovasi untuk pemuda desa," tutur Imam.

Selain olahraga, keterampilan khas anak-anak muda desa yang meliputi kemampuan menjadi petani, menjadi nelayan, juga harus dimanfaatkan dengan maksimal.

"Kader PMMD harus menjadi contoh bagi pemuda-pemuda di Indonesia. Kader PMMD adalah generasi pelopor yang bermanfaat dan berguna untuk orang lain, yang mampu menggerakkan pembangunan desa. Membangun desa, berarti membangun Indonesia," tegasnya. (dkk/jpnn)


Menpora Imam Nahrawi menyebutkan bahwa pemuda yang terpilih dalam program PMMD nantinya harus memiliki karakter kemandirian, jiwa kepeloporan, dan kesukarelawan


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News