Promosikan Kuliner Lokal, Hasto dan Djarot Memasak Mi Pedas

Promosikan Kuliner Lokal, Hasto dan Djarot Memasak Mi Pedas
KOKI DADAKAN: Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (berkaus merah) dan Ketua DPP PDIP Djarot S Hidayat saat mencoba memasak mi di Mie Balap Krakatau, Medan, Sabtu (15/12). Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, MEDAN - Kegiatan Safari Politik Kebangsaan III yang tengah dilaksanakan DPP PDI Perjuangan di wilayah Sumatera Utara mulai Jumat (14/12) tak melulu untuk urusan partai. Sebab, safari yang dipimpin langsung Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto itu juga menyasar kuliner lokal khas daerah yang dikunjungi.

Pasa Sabtu (15/12) pagi, Hasto dan Ketua DPP PDIP Djarot S Hidayat menyempatkan diri sarapan mi pedas ala Medan yang lebih dikenal dengan sebutan Mie Balap Krakatau. Lokasinya di Jalan Gunung Krakatau, Medan Timur, Kota Medan.

Mulai pagi hari, Mie Balap Krakatau selalu mengundang kerumunan. Ada koki yang menjadi daya pikat tersendiri bagi pengunjung di usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) makanan itu.

Sebenarnya menu yang ditawarkan di tempat makan itu sederhana. Hanya bihun goreng dan kwetiau goreng.

Namun, campurannya adalah potongan cumi, udang dan telur. Camilan pelengkapnya adalah bakwan dan risoles.

Tapi, yang membuat sajiannya berbeda adalah rasa pedasnya. "Mie Balap Krakatau ini mencerminkan panasnya lahar Krakatau. Makanya ini ada cabainya. Ini ada udangnya, telurnya. Tanpa batas dan semua balapan di mulut dalam cita rasa yang mengenyangkan perut," ujar Hasto.

Penggemar kuliner khas Nusantara itu menyebut Mi Balap Krakatau sangat pedas. Tapi mengunyah bakwan bisa mengurangi rasa pedas mi sebagai menu utama. "Pedasnya juga jadi imbang," tambah Hasto.

Hasto tak sekadar sarapan. Dia juga mencoba ikut memasak. Ada pula Djarot yang ikut maju di dekat penggorengan.

Kegiatan Safari Politik Kebangsaan III yang tengah dilaksanakan DPP PDI Perjuangan di wilayah Sumatera Utara tak hanya untuk urusan politik, tapi juga kuliner.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News