Prosesi Pemakaman Jenazah Ki Manteb Sudarsono, Lihat Fotonya

Prosesi Pemakaman Jenazah Ki Manteb Sudarsono, Lihat Fotonya
Sejumlah petugas COVID-19 menggunakan APD lengkap saat proses pemakaman jenazah Ki Manteb Soedarsono, di pemakaman keluarga RT 02/ RW 08 Desa Doplang Karangpandan Kabupaten Karanganyar, Jumat (2/7/2021). Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, KARANGANYAR - Dalang kondang Ki Manteb Sudarsono meninggal dunia di rumahnya di Dusun Sekiteran, Kelurahan Doplang, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (2/7).

Jenazah Ki Manteb Sudarsono dimakamkan di Desa Doplang, melibatkan petugas Satgas COVID-19 Kabupaten bersama sukarelawan yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap,

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Dusun Sekiteran pada Jumat pukul 13.00 WIB.

Selain petugas Satgas COVID-19 dengan mengenakan APD lengkap, hanya sejumlah orang dari pihak keluarga Ki Manteb yang mengantar jenazah ke tempat peristirahatan terakhir di Makam Keluarga Swana desa setempat.

Menurut Sekretaris Desa Doplang Ade Irawan, prosedur pemakaman tersebut dilakukan karena hasil tes usap antigen, Ki Manteb dinyatakan positif COVID-19.

Sementara itu, Ketua Seniman Sekar Kabupaten Karanganyar Joko Dwi Suranto menjelaskan, Ki Manteb Sudarsono merupakan seorang maestro murni di bidang perdalangan. Namun juga sangat peduli dengan kesenian lain apa pun jenisnya.

"Saya yang berkesan dengan Ki Manteb, beliau tidak pilih-pilih untuk membagikan ilmunya ke seniman apa pun. Kalau bidang perdalangan, baik seniman muda yang masih belajar maupun tingkat senior, (Ki Manteb) selalu terbuka untuk keilmuannya," katanya.

"Beliau dalam berkarya tetap maksimal meski kondisi badannya sakit. Beliau selalu siap saat pertunjukan memainkan wayang kulitnya," katanya.

Menurut salah satu keponakan Ki Manteb sekaligus Sekretaris Desa Doplang, Ade Irawan, dalang kondang itu meninggal dunia karena sakit pada usia 73 tahun, Jumat sekitar pukul 09.45 WIB.

Prosesi pemakaman jenazah Ki Manteb Sudarsono menggunakan prosedur penanganan jenazah pasien COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News