Prospek Menjanjikan Homestay di Pulau Kecil Indonesia

Prospek Menjanjikan Homestay di Pulau Kecil Indonesia
Homestay. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Indonesia dikaruniai dengan sumberdaya alam yang sangat kaya, termasuk pantai dan pulau-pulau kecil yang menjadi daya tarik pariwisata.

Istilah 3S (sun, sea, sand) yaitu matahari, laut, dan pasir pantai tersedia merata di kawasan kepulauan di seluruh Indonesia.

Pariwisata telah lama menjadi salah satu sumber penggerak ekonomi, termasuk sumber devisa. Bahkan, dalam beberapa dekade terakhir, pemerintah semakin meningkatkan pembangunan pariwisata.

Menanggapi hal tersebut, Ervan Ismail dalam sidang promosi doktoral (S3) program studi Komunikasi Pembangunan ini menyebutkan bahwa salah satu usaha atau jasa yang sangat penting dalam pengembangan pariwisata di pulau kecil adalah tersedianya homestay bagi para wisatawan.

Ia mencontohkan, di Kepulauan Seribu, misalnya. .asyarakat lokal berperan besar dalam pengelolaan homestay ini. Sementara itu, sambung Ervan, di era digitalisasi sekarang ini komunikasi digital sangat penting, termasuk dalam usaha di sektor pariwisata, seperti untuk promosi, booking kamar, dan lain-lain.

"Sumber daya manusia merupakan salah satu aspek penting dalam pengembangan pariwisata. Apalagi jika dikaitkan dengan sejauh mana pariwisata mampu meningkatkan perekonomian masyarakat untuk berperan serta dalam perkembangannya,"papar pria dengan disertasi berjudul 'Komunikasi Digital dalam Pengembangan Pariwisata di Pulau Pulau Kecil.'

Agar tidak hanya menjadi penonton, lanjut dia, ketika pariwisata tumbuh di wilayah dimana mereka tinggal. Potensi SDM dan aset masyarakat dapat menjadi salah satu solusi menghadapi tantangan tersebut.

Ia menjelaskan bahwa dominasi kaum ibu rumah tangga dalam pengelolaan homestay sebesar 38,9 persen. Hal itu menunjukkan kesesuaian bidang usaha homestay cocok dengan karakter perempuan yang menjadi pekerjaan rutin seputar rumah tangga di pulau-pulau kecil.

Indonesia dikaruniai dengan sumberdaya alam yang sangat kaya, termasuk pantai dan pulau-pulau kecil yang menjadi daya tarik pariwisata

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News