Protes Meluas, Jaksa Mesir Banding

Setelah Mubarak Divonis Hukuman Seumur Hidup

Protes Meluas, Jaksa Mesir Banding
Protes Meluas, Jaksa Mesir Banding
KAIRO – Amarah warga Mesir tak terbendung setelah vonis penjara seumur hidup yang dijatuhkan pada mantan Presiden Hosni Mubarak dalam persidangan di kompleks akademi polisi di luar Kota Kairo, Sabtu lalu (2/6). Aksi protes masal pun meluas.

Selain di Kairo, unjuk rasa untuk menolak vonis atas Mubarak itu berlangsung di sejumlah kota lainnya di Mesir. Bahkan, ada seruan untuk melakukan demonstrasi besar-besaran pada hari ini (4/6).

Ribuan massa membanjiri Lapangan Tahrir, Kairo, pusat aksi perlawanan dan revolusi rakyat yang melengserkan Mubarak pada 11 Februari tahun lalu, dan sejumlah kota lainnya untuk menuntut hukuman mati bagi sang tiran. Mereka menilai vonis seumur hidup atas Mubarak maupun pembebasan sejumlah petinggi polisi dari tuntutan mati menjadi bukti bahwa rezim lama masih berkuasa. Mereka pun khawatir Mubarak akan dibebaskan di tingkat banding.

Aksi ribuan warga yang menyesaki jalan ibu kota Mesir terus berlanjut kemarin pagi (3/6). Bahkan, ratusan orang masih bertahan di Lapangan Tahrir sejak sore dan malam sebelumnya. Dalam demonstrasi di seantero Mesir pasca-vonis atas Mubarak tersebut, aparat keamanan melaporkan bahwa lebih dari 100 orang terluka.   

KAIRO – Amarah warga Mesir tak terbendung setelah vonis penjara seumur hidup yang dijatuhkan pada mantan Presiden Hosni Mubarak dalam persidangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News