Prudential: 68% Masyarakat Memiliki Proteksi Melindungi Diri dari Risiko Kesehatan

Prudential: 68% Masyarakat Memiliki Proteksi Melindungi Diri dari Risiko Kesehatan
Prudential Indonesia. Foto dok Prudential Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru dari Prudential yang diterbitkan di akhir tahun 2023 dengan judul ‘Empowering Aspirations: Financial Preparedness in Asia’, mengungkapkan masyarakat di lima negara Asia, yaitu Hong Kong, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Indonesia sangat sadar akan pentingnya menabung untuk dana darurat dalam perencanaan masa depan keluarga.

Hal ini tergambarkan dari perilaku penyisihan dana untuk keperluan darurat dan menciptakan ‘jaring pengaman’ untuk kesehatan dan pendapatan keluarga melalui asuransi.

Dana ini penting untuk memastikan kehidupan yang stabil bagi mereka dan keluarga di masa yang akan datang.

Penelitian yang melibatkan 5.000 individu ini mengeksplorasi seberapa besar kesadaran mereka tentang pentingnya memiliki ‘jaring pengaman’ finansial untuk menghadapi risiko kesehatan dan keuangan.

Hasilnya menunjukkan bahwa warga di negara-negara tersebut sangat mengerti pentingnya persiapan finansial untuk hidup menghadapi situasi darurat dan untuk mewujudkan harapan serta cita-cita mereka di masa depan.

Jika dilihat dari hasil penelitian per negara khususnya Indonesia, disebutkan sekitar 68% responden menyatakan mereka mempertimbangkan memiliki proteksi untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan maupun pendapatan.

Kemudian, sebanyak 56% responden Indonesia juga menjawab bahwa mereka memilih untuk menabung uang mereka selain untuk simpanan hari tua juga untuk keperluan darurat.

Angka ini bahkan tertinggi jika dibandingkan empat negara lainnya, yang hanya mencapai 49% untuk Singapura & Malaysia, 47% untuk Thailand, dan 44% untuk Hong Kong.

Penelitian Prudential menyebut 68 persen masyarakat Indonesia mempertimbangkan memiliki proteksi untuk melindungi diri dan keluarga dari risiko kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News