PSSI Siapkan Program Akselerasi Lisensi A Untuk Pelatih ISL

PSSI Siapkan Program Akselerasi Lisensi A Untuk Pelatih ISL
PSSI Siapkan Program Akselerasi Lisensi A Untuk Pelatih ISL

jpnn.com - TAK hanya di sekolah-sekolah umum ada program akselerasi. Dalam dunia kepelatihan AFC pun, ada istilah akselerasi kursus kepelatihan, sehingga Lisensi A pelatih AFC, bisa didapatkan dengan cepat.

Direktur teknik kepelatihan PSSI Narayanan Nair Sivaji menjelaskan bahwa khusus untuk pelatih Indonesia Super League (ISL), program disiapkan khusus.

"Saya lihat banyak pelatih tidak punya Lisensi A. Ini kan penting, saya komunikasikan dengan AFC, jadi program ini langsung bisa disiapkan," katanya di lokasi kursus lisensi pelatih AFC, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Memiliki Lisensi A AFC tersebut sejatinya cukup krusial. Itu merupakan persyaratan bagi pelatih yang melatih di klub ISL dan  klub yang berkompetisi di level Asia. Karena itu, sempat ramai dibahas saat Persib yang akan mewakili Indonesia ke Liga Campions Asia, tapi pelatihnya masih lisensi C.

Narayan mengakui, baru ada dua nama dari Indonesia yang menerima program akselerasi tersebut. Jajang Nurjaman, pelatih Persib, dan Joko Gethuk Susilo, asisten pelatih Arema Cronus.

Program itu menafikan salah satu persyaratan untuk mendapat Lisensi A. Dimana, pelatih yang telah memiliki lisensi B, harus melatih terlebih dulu selama setahun, baru bisa mengambil Lisensi A.

"Tapi kami ajukan jalur cepat. ada selain dua nama itu yang bisa ikut program akselerasi, waktunya sedang kami bicarakan,'' tegas dia. (upi/mas)


TAK hanya di sekolah-sekolah umum ada program akselerasi. Dalam dunia kepelatihan AFC pun, ada istilah akselerasi kursus kepelatihan, sehingga Lisensi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News